Pulangkan Petra Kvitova, Ashleigh Barty Melaju Ke Semifinal Di Miami

REKANBOLA – Ashleigh Barty semakin menegaskan kebangkitannya dalam menembus peringkat 10 besar setelah mengklaim kemenangan pertama dalam kariernya atas petenis unggulan ketiga, Petra Kvitova di Miami Open.

Petenis unggulan ke-12, Barty memasuki laga perempatfinal Miami Open musim ini dengan catatan 0-4 melawan petenis berkebangsaan Ceko, Kvitova, termasuk dua kekalahan di Australia awal musim ini. Barty kalah tiga set di final Sydney, yang diikuti dengan kekalahan di Melbourne.

Namun, Barty tidak membiarkan pertandingan sebelumnya mendikte pertandingan di Miami, di mana ia lolos ke perempatfinal turnamen Premier Mandatory untuk kali pertama.

Menghadapi penundaan akibat hujan selama 2 jam dan perlawanan Kvitova yang begitu gigih, Barty tetap tangguh demi memetik kemenangan 7-6, 3-6, 6-2.

“Penting bagi saya untuk berusaha dan merebut servis darinya sebanyak mungkin. Ia memiliki servis apik kelas dunia,” tutur Barty.

“Terkadang, hal itu masih di luar kontrol saya, tetapi saya berusaha sebaik mungkin dan berusaha meretas service game sebanyak mungkin. Saya pikir saya melakukan hal itu dengan benar-benar baik.”

Sementara itu, kekalahan tersebut cukup meyakitkan bagi Kvitova yang unggul di set pertama dan mendapatkan peluang set point di babak tiebreak, karena itu berarti peluang Kvitova untuk bertengger di peringkat 1 dunia masih harus tertunda. Ia harus sampai ke partai puncak jika ingin menggantikan Naomi Osaka di peringkat 1 dunia.

Berkat hasil di Miami musim ini, Barty dipastikan menembus peringkat 10 besar untuk kali pertama ketika daftar peringkat baru dirilis pada Senin (01/04) mendatang.

“Rasanya luar biasa. Saya pikir hal itu (peringkat 10 besar) telah menjadi tujuan saya dalam waktu yang cukup panjang. Bukan rahasia lagi,” imbuh Barty.

Baca Juga:   Elina Svitolina Pilih Absen, Bianca Andreescu Mundur Dari Charleston

“Saya mendapatkan peluang itu pekan lalu, tetapi belum bisa saya dapatkan. Pekan ini, saya terus berusaha, mempercayai prosesnya, dan menikmati setiap perjalanannya.”

Demi satu tiket menuju partai puncak, petenis berkebangsaan Australia, Barty akan berduel melawan petenis unggulan ke-21 asal Estonia, Anett Kontaveit yang memulangkan petenis unggulan ke-27, Hsieh Su Wei.

Pertemuan di semifinal Miami Open musim ini akan menjadi pertemuan pertama antara Barty melawan Kontaveit.