Putin Disebut Undang Netanyahu Tonton Final Piala Dunia

Rekanbola – Presiden Rusia Vladimir Putin disebut telah mengundang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke negaranya untuk menonton final Piala Dunia 2018 yang akan diadakan pada pertengahan Juli mendatang..

Sebuah media lokal Israel, YNetnews menyebutkan bahwa Netanyahu belum memutuskan untuk menerima undangan tersebut atau pun tidak.

Media Jerusalem Post juga menyebutkan selain Netanyahu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga diundang Putin untuk menonton final Piala Dunia di Rusia.

Keputusan Netanyahu belum memastikan menerima undangan tersebut atau tidak lantaran perjalanan itu membutuhkan persiapan logistik yang cukup banyak.

“Undangan datang dari Presiden Putin. Kemungkinannya masih dipertimbangkan,” kata seorang sumber Netanyahu seperti dikutip media Sputnik dan dilansir FourFourTwo Australia.

Bila Netanyahu menerima undangan Putin tersebut, momen itu akan menjadi pertemuan lain kedua pemimpin negara setelah sempat bertemu pada Mei lalu.

Hubungan antara Netanyahu dengan Putin disebut semakin meningkat beberapa tahun terakhir.

Keduanya diketahui mengadakan sejumlah pertemuan beberapa tahun terakhir dalam upaya menghindari ketegangan akibat bentrokan antara tentara Rusia dengan Israel di Suriah.

Rusia diketahui membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang justru menjadi lawan bagi Israel.

Menurut pernyataan dari Kremlin, dalam sebuah hubungan telepon pada akhir bulan lalu, Putin setuju memperkuat koordinasi dengan Netanyahu terkait kondisi di Suriah.

Kremlin mengatakan keduanya berdiskusi soal kolaborasi dua negara untuk meningkatkan keamanan di perbatasan Suriah-Israel.

Sedangkan pada Mei lalu, Netanyahu diketahui bertemu dengan Putin dalam rangka perayaan kemenangan Rusia atas Jerman pada Perang Dunia II.

Dalam kesempatan tersebut, Netanyahu menekankan kepada Putin kesamaan Iran dengan rezim Nazi di Jerman dan kepentingan Israel untuk membela diri.

Baca Juga:   Sudah Rp 241,8 Miliar yang Dibayar Supersemar ke Negara

“Kami di Israel tidak melupakan pengorbanan besar dari Rusia dan Tentara Merah dalam kemenangan atas monster Nazi.” kata Benjamin Netanyahu dalam acara tersebut.

Final Piala Dunia 2018 dijadwalkan berlangsung pada 15 Juli di Luzhniki Stadium.

 

 

(Sumber : cnnindonesia.com)