Real Madrid dan Barcelona Kantongi Minimal Rp105 Miliar Hanya dengan Main di Arab Saudi

Rekanbola  —  Supercopa de Espana musim ini mungkin bakal ternoda. Faktor bisnis dalam dunia sepak bola kian berkuasa, bahkan bisa jadi merusak rivalitas yang sebenarnya di atas lapangan

Sebelumnya, Supercopa de Espana selalu mempertemukan jawara La Liga dengan kampiun Copa del Rey, tapi mulai musim ini ada empat tim yang berpartisipasi.

Empat tim ini diambil berdasarkan empat besar klasemen La Liga musim lalu. Artinya, ada BarcelonaReal Madrid, Atletico Madrid, dan Valencia yang terlibat.

Mengapa di Arab Saudi?

Uniknya, Supercopa de Espana kali ini bakal dimainkan di Arab Saudi, Januari 2020 mendatang. Tentu keputusan ini melahirkan pertanyaan besar: mengapa duel klub Liga Spanyol harus dimainkan di belahan dunia lainnya?

Hanya ada satu jawaban: uang. Pihak RFEF dan La Liga tampaknya ingin menggunakan daya tarik Madrid dan Barcelona untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin.

Entah kerja sama apa yang disepakati pihak RFEF dengan federasi sepak bola Arab Saudi. Yang jelas, klub-klub yang berpartisipasi dijamin mendapatkan banyak uang.

Uang dan Uang

Menuruto Marca, empat tim yang terlibat pada turnamen singkat ini bakal mendapatkan uang cukup besar. Hadiah uang kali ini dibagi menjadi tiga bagian; pertama untuk berpartisipasi, kedua untuk keberhasilan di turnamen [juara atau runner-up], dan ketiga didasarkan pada gelar klub sebelumnya.

Kabarnya, Valencia bakal mendapatkan 2,5 juta euro atau sekitar 39 miliar rupiah hanya untuk berpartisipasi pada turnamen ini. Angka itu cukup besar, padahal Valencia klub yang paling kecil di antara empat nama yang terlibat.

Baca Juga:   Sergi Roberto Sangat Puas Bisa Kalahkan Real Madrid

Artinya, Atletico madrid bakal mendapatkan uang hadiah yang lebih besar, apalagi Real Madrid dan Barcelona. Alhasil, kabarnya Valencia bakal mengajukan protes atas keputusan tersebut.

Madrid dan Barcelona Untung

Nasib Valencia terbilang buruk jika dibandingkan dengan Real Madrid dan Barcelona. Masih menurut Marca, Madrid dan Barca dikabarkan bakal mengantongi setidaknya 6,8 juta euro atau sekitar 105 miliar rupiah pada turnamen ini.

Uang sebesar itu hanya untuk berpartisipasi, apalagi jika mereka berhasil juara. Turnamen ini diselenggarakan selama 5 hari. Artinya, Madrid-Barca bisa mengeruk banyak uang dalam waktu singkat.

Sepak bola, perlahan-lahan, mulai melupakan nilai-nilai mereka demi uang. Mengapa klub sebesar Madrid dan Barca, yang punya jutaan fans di kota indah mereka masing-masing, justru bermain di Arab Saudi?