Respons Dishub Cimahi soal Pria Bertopi Pungli Sopir Truk

REKANBOLA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi menyimak video pria bertopi yang melakukan pungutan liar (pungli) ke sopir truk. Video itu menjadi viral di media sosial. Bagaimana respons Dishub Cimahi?

Kasi Angkutan pada Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang menyayangkan perilaku pria bertopi tersebut. Lokasi praktik pungli itu berada di Jalan Cibaligo, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Dishub Cimahi mengungkapkan bahwa kawasan industri di Cibaligo dan sekitarnya kerap terjadi pungli yang dilakukan oleh sejumlah orang. Praktiknya berupa pungutan langsung atau modus penukaran dengan air kemasan.

“Kami dari Dishub hanya bisa membantu memberikan informasi kepada kepolisian mengenai titik-titik rawan (pungli),” ujar Ranto saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/9/2019).

Dalam rekaman video, seorang pria bertopi meminta uang kepada sopir truk. Sopir tersebut memperlihatkan kertas kuitansi senilai Rp 50 ribu dan menyerahkan sejumlah uang kepada pria tersebut.

“Terlepas dari apakah dia oknum dari mana-mananya, perbuatan ini tentu bisa merugikan banyak pihak. Bisa membebani pekerja angkutan barang,” ucap Ranto.

Dishub Cimahi mendorong aparat penegak hukum untuk menindak orang tersebut jika terbukti memungli. Selain itu, pihaknya mengimbau para pengusaha dan pekerja angkutan barang untuk berani menolak segala bentuk pungli.

“Pungli ada karena orang yang terus-terusan memberi. Kami juga berharap penegak hukum bisa memberikan kenyamanan dengan memberantas pungli dan premanisme,” tutur Ranto.

Polisi tengah menyelidiki dugaan praktik pungli tersebut.”Kami sudah perintahkan jajaran untuk menindaklanjuti kasus tersebut, sekarang sifatnya masih lidik, kami masih mencari tahu kebenarannya,” ujar Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara.

Baca Juga:   KPU Bali akan Temui Gubernur soal Dana Pilkada 2018 yang Tak Cair