Review Xiaomi Mi 8 Lite, Bawa Desain Baru dan Performa Andal Di Harga Rp 3 Jutaan

REKANBOLA – Xiaomi di Bulan November meluncurkan satu smartphone Android terbarunya ke pasar Indonesia yaitu Xiaomi Mi 8 Lite. Meluncur dengan membawa desain baru yang beda dari smartphone Xiaomi yang hadir di pasar Indonesia, Xiaomi Mi 8 Lite dibanderol Rp 3.699.000.

Rekanbola Tekno memiliki kesempatan untuk mencoba versi murah dari varian Mi 8 ini setelah dirilis di Indonesia. Bagaimana impresi Xiaomi Mi 8 Lite setelah digunakan kurang lebih satu pekan? Berikut ulasan selengkapnya.

Paket Penjualan

Menerima Mi 8 Lite ini, smartphone ini hadir dengan dushbox berwarna merah dengan gradasi ungu. Di dalamnya Mi 8 Lite dilengkapi charger dengan input 100-240 V dan output 5V/2A, softcase, SIM Ejector, dan kabel dongle dari USB type C ke audio jack. Kabel dongle ini disertakan karena Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan menghilangkan port audio jack. Selain itu Anda juga bakal mendapatkan buku panduan dan kartu garansi.

Bodi dan Desain

Xiaomi Mi 8 Lite hadir membawa garis desain baru yang membawa kesan mewah serasa smartphone flagship. Di bagian depan, Mi 8 Lite hadir dengan notch menghiasi layarnya. Sedangkan di bagian belakang, bodi metal yang biasanya jadi andalan Xiaomi di smartphone Rp 3 jutaan digantikan dengan kehadiran bodi kaca ala smartphone flagship.

Tampilan ini membuat Mi 8 Lite hadir sebagai jawaban atas keluhan Mi Fans serta pengguna smartphone Android yang beropini jika Xiaomi selalu hadir dengan desain yang ‘itu-itu saja’.
Dengan berat 169 gram dan dimensi 156,4 x 75,8 x 7,5 mm, membuat Mi 8 Lite masih nyaman untuk digunakan aktivitas sehari-hari karena tergolong ringan dan tipis.

Sayangnya, bodi belakang yang terbuat dari kaca membuat Xiaomi Mi 8 Lite ini licin digenggam. Lapisan kaca yang eksotis jika terkena pancaran cahaya ini juga memiliki efek lain yaitu sangat ramah pada sidik jari hingga mudah menempel. Namun dua hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan soft case yang telah diberikan Xiaomi pada paket penjualan.

Spesifikasi

Membahas tampilan luar, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan layar dengan layar 6,26 inci dengan rasio layar 19:9. Bezel yang tipis membuat rasio layar dibanding bodinya mencapai 82,5 persen. Sayangnya, beda dengan Mi 8 yang didukung layar AMOLED, Mi 8 Lite hanya didukung layar IPS beresolusi 1080 x 2280 piksel, dengan kepadatan piksel 403 ppi. Namun layar ini sudah mumpuni mengingat harga Mi 8 Lite yang berada di angka Rp 3 jutaan. Selain itu, Xiaomi juga melengkapi Mi 8 Lite dengan LED Notification di bagian depan.

Baca Juga:   Rayakan Ulang Tahun ke-8, Xiaomi Bakal Rilis Smartphone Spesial

Di bagian bawah Mi 8 Lite, terdapat dua buah speaker yang menghasilkan suara yang keras namun tak pecah. Selain itu, juga ada port USB type C yang menjadi salah satu keunggulannya di pasar smartphone Rp 3 jutaan. Sayangnya, tak ada port audio jack yang kini fungsinya dijadikan satu lewat port USB type C yang diusungnya dengan bantuan kabel dongle serupa iPhone terbaru yang beredar di pasaran.

Meski terlihat minimalis dan kekinian, namun hilangnya audio jack ini menjadikan aktivitas mendengarkan musik membutuh usaha lebih. Anda harus menyambungkan kabel earphone ke kabel dongle, baru kemudian dipasang ke port USB type C yang berada di bawah bodinya.

Beralih ke jeroan, Xiaomi Mi 8 Lite mengusung prosesor octa-core Snapdragon 660 dengan kecepatan 4×2.2 Ghz dan 4×1.8 Ghz. Prosesor ini ditemani GPU Adreno 512 untuk mengolah sektor grafis. Mi 8 Lite yang beredar di pasar Indonesia hadir dengan varian RAM 4GB dan internal storage 64GB. Dengan spesifikasi di atas, Xiaomi Mi 8 Lite mampu memperoleh skor yang cukup tinggi di aplikasi benchmark seperti Antutu dan GeekBench.

RAM 4GB yang diusungnya juga membuat pengalaman multitasking di Mi 8 Lite menjadi nyaman. Selain itu, hadirnya update MIUI seri 10 berbasis Android Oreo di smartphone ini mampu menyajikan pengalaman baru bagi Mi fans.

Berbicara ketahanan baterai, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan mengusung baterai berkapasitas 3350 mAh (non-removable). Untuk penggunaan sehari-hari, Mi 8 Lite bisa bertahan hingga 18 jam sehingga hanya memerlukan satu kali charge saja dalam 1 hari.

Untuk proses pengisian daya baterai, Xiaomi memberikan charger dengan output maksimal hanya 5V/2A, pengisian daya dari 20 persen ke 100 persen membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Padahal Mi 8 Lite sepertinya sudah mendukung quick charge. Ketika kami mencoba menggunakan charger dengan output 5V/4.5A, maka fungsi quick charge langsung berfungsi di smartphone ini sehingga pengisian daya bisa berjalan lebih cepat.

Baca Juga:   Selain Aneh, 15 Hasil Jepretan Foto Panorama yang Gagal Ini Malah Terlihat Ngerti !

Bagaimana dengan spesifikasi pendukung lain seperti kelengkapan sensor? Xiaomi Mi 8 Lite sudah dilengkapi beragam sensor seperti accelerometer, gyro, proximity, dan kompas.

Kamera

Sektor kamera menjadi salah satu poin unggulan. Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan dibekali teknologi AI (Artificial Intelligence) baik di kamera belakang maupun kamera depannya.

Di sektor kamera belakang, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan format dual kamera 12MP + 5 MP. Kamera 12 MP sebagai kamera utama memiliki spesifikasi dual pixel PDAF dengan bukaan f/1.9/ Sedangkan kamera 5 MP memiliki fungsi depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh yang sempurna.Kamera belakang ini didukung dengan LED flash dan berbagai fitur seperti Auto HDR, EIS (Electronic Image Stabilization), dan kemampuan merekam video hingga kualitas 1080P di @30fps.

Selain itu, Xiaomi juga menyediakan beberapa mode untuk memaksimalkan jepretan kamera belakang seperti mode portrait, square, panorama, hingga manual. Sayangnya, masih belum ada fitur night mode di Xiaomi Mi 8 Lite ini, sehingga untuk jepretan foto di malam hari tidak bisa maksimal. Namun, untuk kualitas foto di kondisi terang cahaya, kami berikan jempol untuk Mi 8 Lite yang bertarung di kelas smartphone seharga Rp 3 jutaan.

Begitu pun dengan kualitas rekaman videonya, untuk kondisi siang hari, video yang dihasilkan sangat baik untuk dikelasnya. Bahkan EIS di Mi 8 Lite ini bisa melakukan tugasnya dengan ciamik sehingga video yang dihasilkan sangat stabil.

Beralih ke kamera depan, Xiaomi sadar jika pasar smartphone selfie di Indonesia masih besar. Tak heran jika Mi 8 Lite dibekali dengan kamera depan 24 MP untuk menghasilkan foto yang bening bagi penggunanya. Kamera depan ini juga didukung beberapa mode seperti group selfie, beragam filter bawaan, mode portrait yang menghasilkan foto bokeh, dan mode square.

Untuk Anda penggemar foto selfie, kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite ini mampu memenuhi ekspektasi Anda untuk menghasilkan foto yang bagus dan siap untuk diposting di media sosial.

Performa Gaming

Berbicara Xiaomi tentu saja tidak bisa terlepas dari performa spesifikasinya yang erat dengan kemampuan jeroannya menghajar game-game Android.

Selama kami review, Xiaomi Mi 8 Lite bisa menjalankan game berat di Android semisal PUBG Mobile dengan lancar. Settingan medium bahkan High bisa dilibas Mi 8 Lite dengan lancar tanpa ada gejala panas berlebih ataupun gejala fps drop.

Baca Juga:   Cacat Produksi, Apple Beri Layanan Servis Gratis iPhone 8

Game MOBA seperti Mobile Legend ataupun Arena of Valor juga bisa dimainkan dengan lancar meski kami bermain game tersebut untuk jangka waktu lebih dari 1 jam.

Sistem keamanan

Xiaomi Mi 8 Lite hadir di Indonesia dengan dilengkapi dua sistem keamanan terkini yaitu fingerprint sensor (sensor sidik jari) dan face recognition (pengenalan wajah). Untuk sensor sidik jari, kemampuannya membaca sidik jari pengguna tergolong cepat dan tidak mudah terganggu meski jari sedang dalam kondisi sedikit basah atau kotor terkena debu.

Sedangkan sensor pengenalan wajah yang dibawa Mi 8 Lite memang tak secanggih Mi 8 yang mengusung sensor pengenalan wajah 3 dimensi. Namun untuk akurasi pengenalan wajah lewat kamera depannya tergolong cepat dan akurat di kondisi terang cahaya.

Pengalaman penggunaan

Untuk pengalaman penggunaan sehari-hari, Xiaomi Mi 8 Lite ini nyaman dijadikan daily driver. Layar IPS Full HD yang diusungnya membuat mata betah untuk bermain sosial media dan menonton video di Youtube dalam jangka waktu yang lama.

Kualitas speaker dan software pengolah suara yang diusungnya juga membuat betah mendengarkan lagu dan streaming film lewat smartphone ini.

Ketahanan baterai yang baik membuat bermain game di Mi 8 Lite bisa dilakukan dengan lancar dan tetap nyaman di tangan karena tak ada gejala panas berlebih dari bagian belakang bodinya. Aktivitas mengambil foto dan video juga bisa diakomodir dengan baik untuk ukuran smartphone di kelasnya.

Verdict

Sebagai smartphone mid-end, Mi 8 Lite telah membawa gebrakan dengan mengusung desain baru dibanding smartphone Xiaomi yang sudah dirilis di Indonesia sebelumnya.

Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan membawa beberapa keunggulan seperti kamera bagus dengan dukungan AI, performa multitasking dan gaming yang baik, build quality yang rapi dan solid, serta harga yang bersaing. Namun ketiadaan jack audio ataupun dihilangkannya fitur quick charge menjadi kekurangan di Xiaomi Mi 8 Lite ini.

Bagi Anda yang ingin membeli smartphone Android terbaru di akhir 2018 ini dengan rentang harga Rp 3 jutaan, Xiaomi Mi 8 Lite ini kami rekomendasikan untuk Anda boyong.