Ria Irawan Sempat Dinyatakan ‘Sembuh’, Kenapa Kanker Bisa Muncul Lagi?

REKANBOLA – Sekitar Maret 2019, aktris Ria Irawan sempat dikabarkan ‘sembuh’ dari kanker kelenjar getah bening yang diidapnya sejak beberapa tahun terakhir. Tak disangka, kanker datang lagi dan mengalami metastasis.

Kanker dikatakan metastase atau metastasis ketika sel-selnya menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Ria Irawan, saat ini dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) karena kondisi tersebut.

Kenapa kanker yang sudah dinyatakan ‘sembuh’ bisa muncul lagi?

Ahli kanker dari RSCM, Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad, dalam perbincangan dengan detikHealth mengatakan bahwa kanker tidak pernah benar-benar disebut ‘sembuh’. Yang dipahami orang awam dengan istilah ‘sembuh’ adalah kondisi terkontrol lewat serangkaian terapi.

“Hingga saat ini agak sulit untuk mengatakan sembuh,” jelas dr Soehartati soal istilah ‘sembuh’ dalam kaitannya dengan kanker.

Pada suatu titik, sel-sel kanker yang terkontrol tersebut bisa saja muncul lagi apabila ada pemicu. Bisa karena pola hidup, atau pengaruh faktor lingkungan.

Istilah ‘sembuh’ yang dikenal awam juga bisa berarti remisi. Ini adalah kondisi ketika sel-sel kanker sudah tidak terdeteksi lagi. Apakah berarti tidak ada sel kanker sama sekali? Belum tentu, karena kemampuan dokter mendeteksi sel-sel kanker tersembunyi juga ada batasnya.

Dokter mengatakan ‘remisi’ ketika sel-sel kanker tidak terdeteksi. Ada dua jenis remisi kanker yang dikenal, yakni remisi parsial ketika sek kanker tinggal sedikit sehingga pengobatan bisa dihentikan sementara, dan remisi komplet ketika dokter menyatakan ‘No Evidence of Disease‘ (NED).

Baca Juga:   Cerita 2 Komikus Wanita RI di Balik Avengers dan Batman Cs