Ribuan Umat Katolik Ikuti Misa Malam Natal di Gereja St Yoseph Tebing Tinggi

 

Rekanbola – Alunan suara umat Jemaat Tunggal lantang mengumandangkan lagu pujian penuh kegembiraan atas kelahiran Yesus pada Perayaan Misa Malam Natal di Gereja Katolik St Yoseph Tebing Tinggi, yang diikuti sekira 1500 jemaat, Senin (24/12/2018), pukul 19.00 Wib.

P Constantius Eka Wahyu OSC dalam kotbahnya menyampaikan pesan sukacita Natal tahun 2018 yang harus diselami dan diimani dalam hidup sebagai umat Allah.

“Suka cita Natal ini ibarat suka cita petani yang lagi panen. Karena suka cita itu penuh dengan berkah dan kebahagiaan,” kata Pastor Eka.

Lebih lanjut, Eka Wahyu, menekankan bahwa iman akan Yesus Kristus harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari umat Katolik.

“Natal adalah cinta yang membawa suka cita. Maka orang yang merayakan Natal harus enjoy karena dipenuhi rasa bahagia dan suka cita. Adakah cinta tidak membawa sukacita? Kalau ada cinta tanpa suka cita itu bukan cinta natal,” imbuhnya.

Mengungkapkan cinta, menurut Pastor Eka juga punya keterbatasan. Artinya ungkapan cinta itu berbeda-beda. Ada lewat doa, menderma, persembahan, pelayanan.

“Dengan bahasa tubuh dan diam duduk mendengarkan itu juga merupakan ungkapan cinta. Selain itu pengungkapan cinta juga punya keterbatasan di antaranya karena kedudukan atau posisi,” paparnya.

Lewat perayaan Natal ini, lanjutnya, Tuhan menginginkan agar manusia hidup saling mencintai tanpa ada batas atau pengkotakan.

“Karena kita sama dan serupa di mata Tuhan. Tuhan sendiri menyamakan diri-Nya dengan manusia lewat kelahiranNya yang kita rayakan malam ini,” tambahnya.

Junedi Lingga SPd salah satu anggota Dewan Pastoral Paroki St Yoseph Tebing Tinggi kepada metro24jam.com mengakui bahwa jumlah umat yang hadir pada perayaan malam natal tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2017 lalu.

Baca Juga:   4 Pelajaran moral ini mengingatkanmu berlaku jujur dan tidak korupsi!

“Mungkin tahun ini jumlah orang yang mudik cukup banyak hingga seluruh halaman gereja ini dipenuhi umat yang merayakan Natal,” kata Lingga.

Pantauan di lokasi, terlihat aparat dari Polres Tebing Tinggi, Sat Brimob, Polisi Militer, Dinas Perhubungan serta Pemuda Katolik, melakukan pengamanan, sehingga Perayaaan Misa Malam Natal berjalan dengan baik, tertib, aman dan kondusif.