Ridwan Kamil Janji Populerkan Mobil Esemka Bima

REKANBOLA – Mobil Esemka baru saja diluncurkan di pabriknya di Boyolali, Jawa Tengah. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyambut baik kehadiran mobil produk dalam negeri ini dan berjanji akan mempopulerkannya.

“Saya belum dapat kabarnya, tapi di mana produk dalam negeri berkualitas, pasti kita dukung, kembangkan dan tentunya produksi dalam negeri kebanggaan bersama,” kata RK di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (6/9/2019).

Ia mengaku belum mengetahui secara rinci mengenai mobil nasional tersebut. Meski begitu, mantan Wali Kota Bandung ini berjanji akan mempopulerkan mobil Esemka tersebut nantinya.

“Jadi menunggu teknisnya seperti apa, belum jelas speknya, berapa harganya. Kalau benar kita akan bantu mempopulerkan mobil kebanggaan Indonesia,” ungkap RK.

Sebelumnya, Presiden Jokowi yakin mobil Esemka laris manis di pasaran. Ia juga yakin pabrik yang didirikan mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.

“Tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat sudah test, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan, apalagi yang impor,” ucapnya di pabrik milik PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Mobil yang selalu identik dengan Jokowi itu dijual dengan harga Rp 95 juta off the road. Mobil yang diluncurkan bernama Bima, modelnya pikap.

Ridwan Kamil Janji Populerkan Mobil Esemka Bima

Esemka Bima memiliki kelir putih di bagian bodi, sementara grille depannya dicat hitam. Dalam brosur tertera Esemka Bima dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm.

Secara dimensi, Esemka memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan karbo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm. Selain mobil pikap ada model SUV juga yang dipamerkan namun belum dijual.

Baca Juga:   Ridwan Kamil Dilantik Jadi Gubernur Jabar, Oded Plt Wali Kota