Rp42 Juta, Nike Air Max 97 Ini Diisi Air Suci dari Sungai Jordan

REKANBOLA – Merek sepatu terkenal Nike lagi-lagi menjadi sorotan. Kali ini, kabarnya tentang Nike Air Max 97 edisi terbatas dengan sol transparan yang diisi dengan “air suci” dari Sungai Jordan terjual habis dalam satu menit setelah rilis resminya 8 Oktober 2019 lalu. Meskipun harganya sangat mahal US$3.000 atau Rp42 juta lebih per pasang, sepatu ini ludes terjual.

Nike Air Max 97 edisi terbatas ini sebenarnya merupakan kolaborasi Nike dengan label kreatif asal Brooklyn “MSCHF x INRI”. Dengan nama “Jesus Shoes”, sepatu kets putih ini didesain unik, disuntik dengan 60 cc air dari Sungai Jordan dan kabarnya juga telah diberkati oleh seorang pendeta.

Dikutip laman Odditycentral, dilaporkan bahwa meskipun sepatu edisi terbatas ini dirancang dari Nike Air Max 97 yang serba putih, Nike sendiri tidak berafiliasi dengan proyek ini. MSCHF justru telah membeli sepatu Nike dengan harga eceran dan kemudian menerapkan ide desain aslinya untuk menciptakan metafora, membuat pemakainya merasakan sensasi “berjalan di atas air”.

Terlepas dari “air suci” berwarna biru yang ada di sol sepatu ini, “MSCHF x INRI” lewat “Jesus Shoes” juga menyematkan aksesoris simbol Kristen, seperti ayat Alkitab dari Matius 14:25, yang merujuk pada kisah Yesus berjalan di atas air, satu titik merah melambangkan darah Yesus, sebuah salib yang melekat pada tali, dan yang terakhir, sol beraroma.

Pihak pimpinan marketing MSCHF, Daniel Greenberg kepada New York Post mengatakan, “Kami memikirkan Arizona Iced Tea dan Adidas collab, di mana mereka menjual sepatu yang diiklankan sebuah perusahaan minuman yang menjual es teh di Bodegas. Jadi kami ingin membuat pernyataan tentang bagaimana kultur kolab yang absurd didapat. Kami bertanya-tanya, seperti apa rupa tabrakan dengan Yesus Kristus? Sebagai seorang Yahudi sendiri, satu-satunya yang saya tahu adalah dia berjalan di atas air.”

Baca Juga:   Nenek 98 Tahun Jalan 3 Km Demi Bayar Utang 50 Tahun Lalu

Meskipun menyebut-nyebut simbol Kristen, proyek sepatu edisi terbatas ini justru membuat para pecinta Nike ingin berlomba-lomba memiliki sepatu ini. Terbukti hanya dalam hitungan menit setelah resmi dirilis, 8 Oktober 2019 lalu, sepatu ini ludes terjual. Kurang dari dua lusin pasang MSCHF x INRI Jesus Shoes diposting di situs ritel StockX pekan lalu.

Sepatu Nike Air Max 97 “Jesus Shoes” yang unik masih dapat dibeli di StockX sekarang, selama kamu bersedia membayar antara US$2.000 atau setara Rp28 juta hingga US$3.900 atau setara Rp55 juta per pasang.