RS Polri: 4 Jenazah Korban Kecelakaan Maut Tol Cipularang Sulit Dikenali

REKANBOLA – Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati mulai mengidentifikasi 4 jenazah korban kecelakaan maut Tol Cipularang Km 91. Kondisi 4 jenazah itu terbakar.

“Memang untuk kondisi jenazah ini kita sedang pemeriksaan, tetapi informasi sementara karena sekarang sedang proses dibuka, informasi sementara inikan jenazah yang terbakar,” kata Kabid Yandokpol RS Polri Kombes Agung Widjajanto di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (3/9/2019).

Kondisi keempat jenazah yang telah diterima RS Polri sudah sulit dikenali. Kondisi itu menjadi kesulitan tersendiri dalam pemeriksaan.

“Jadi kondisinya tingkat kesulitannya tentu wujudnya sudah tidak bisa dikenali. Badan terbakar dan sebagainya akan menjadi kendala sendiri dalam proses pemeriksaan,” ujar Agung.

“Misalkan tahi lalatnya tidak kelihatan, tanda lain misalkan tato nggak kelihatan karena kondisi terbakar,” tambahnya.

Agung mengatakan pemeriksaan yang dilakukan nantinya membandingkan data awal dan data terakhir jenazah. Lalu ditambah dengan keterangan medis dari pihak keluarga.

“Untuk identifikasi, prinsipnya adalah membandingkan data seseorang dengan data atau hasil pemeriksaan mayat. Nah, data yang dibandingkan adalah data pengidentifikasi, data pengidentifikasi itu apa? Yaitu sidik jari, DNA, dan gigi hasil pemeriksaan,” ucap Agung.

“Dan ditambah keterangan lain, misal keterangan medis bekas operasi dan sebagainya, termasuk adanya pakaian, tato, perhiasan,” sambungnya.

Selain itu, Agung menduga sebagian dari keempat jenazah berasal dari Jakarta sehingga hal itu dapat mempermudah pihak keluarga untuk melapor ke RS Polri.

“Tetapi salah satu kemungkinan yang menjadi alasan pemindahan diduga korban berasal dari Jakarta, ada beberapa dari Jakarta. Tentunya ini akan mempermudah karena keluarganya akan lebih mudah daripada harus ke sana (Jawa Barat),” imbuhnya.

Baca Juga:   Hujan Deras Ganggu Jadwal Kereta Hingga Penerbangan di Mumbai

Sebelumnya, RS Polri Kramat Jati telah menerima empat jenazah korban kecelakaan maut Tol Cipularang Km 91 yang belum teridentifikasi atau Mr X. Keempat jenazah tersebut dikirim dari RS MH Thamrin Purwakarta.