Saling sindir Sandiaga-Ridwan Kamil berganti seruputan kopi perdamaian

Rekanbola – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan foto bersama bakal Cawapres Sandiaga Uno di akun instagram pribadinya.

Kang Emil, sapaannya, menambahkan caption bernada penegasan tidak ada ketegangan antara keduanya.

“Sementara yang lain sibuk menafsir berita, kami mah malah damai-damai aja. Saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran, dengan seruput kopi Jawa Barat yang juara. Hatur Nuhun. #anginmalam,” tulis Kang Emil seperti dikutip rekanbola, Sabtu (15/9).

Hingga pukul 08.40, postingan yang diunggah Kang Emil 9 jam lalu itu sudah disukai 296.965 netizen.

Seperti diketahui, hubungan keduanya sempat memanas. Di tengah tensi politik yang kian tinggi, mereka terlibat aksi saling sindir.

Ketegangan berawal saat Sandi, sapaan Sandiaga, mengimbau kepala daerah, terutama Gubernur tak ikut sibuk mengurusi Pilpres 2019. Bukan tanpa sebab, imbauan Sandi mengacu kepada beberapa gubernur, sebut saja Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur NTB TGB Zainul Majdi serta Ridwan Kamil sendiri yang menyatakan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Mereka justru harus persatukan dan memastikan agenda pembangunan khususnya ekonomi yang sedang turbulensi ini tidak terganggu. Pilpres itu semua masyarakat punya referensinya, dan punya jalan yang panjang 7,5 bulan. Kalau semua memikirkan pilpres, siapa yang akan bangun daerah?” Katanya di kawasan Glodok,Jakarta, Selasa (11/9).

Rupanya, ucapan Sandi membuat Kang Emil beraksi.

Ia meminta Sandi bercermin lantaran pernah ikut kampanye di Pilgub Jateng untuk Sudirman Said juga di Jabar dengan mendukung pasangan Asyik (Sudrajat-Syaikhu).

“Ya bercermin saja lah, pak Sandiaga Uno waktu Pilgub Jateng kampanye untuk Sudirman Said, di Jabar Pak Sandiaga Uno kampanye untuk pasangan Asyik (Sudrajat-Syaikhu),” katanya usai menghadiri acara di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (12/9).

Baca Juga:   Driver Ojek Online Demo Minta Prabowo Segera Minta Maaf

Hari berganti, Sandi mengetahui jika imbauannya tersebut menuai reaksi keras dari Kang Emil.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu lantas mengklarifikasi ucapannya terdahulu.

“Saya klarifikasi, pernyataan (imbauan) itu kami tujukan untuk (kepala daerah terpilih yang diusung partai) koalisi Prabowo-Sandi. Kami memutuskan kepala daerah yang terpilih dalam koalisi fokus membangun daerahnya,” ujar Sandiaga Uno di sela kunjungannya ke Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/9).