Sarapan Sehat Bernutrisi Dukung Prestasi Anak

Rekanbola.com – Sebanyak 76,1% anak di Indonesia mempunyai nilai Mutu Gizi Pangan (MGP) yang sangat kurang dan sebanyak 66% anak Indonesia sarapan dengan gizi yang rendah. Data ini merupakan hasil survei yang telah dilakukan oleh Pergizi Pangan. Padahal, sarapan idealnya diperlukan untuk memenuhi 10-15% dari kebutuhan gizi harian.

Sayangnya lagi, meski data sudah menunjukkan tingginya jumlah anak yang mengalami kondisi kurang gizi, masih banyak orang tua yang tidak menyadari pentingnya asupan gizi pada anak.

Makanan yang dikonsumsi oleh anak harus seimbang dari segi gizi, tidak boleh ‘asal anak kenyang’ saja. Terkadang orang tua sudah puas jika anak mengonsumsi mi goreng karena mengenyangkan, padahal dari segi gizi, makanan tersebut hanya mengandung karbohidrat saja, tidak mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Kita sering mendengar istilah Breakfast is the most important meal of the day. Dr Ulul Albab, SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia mengatakan saat kita tidur selama delapan jam, tubuh kita sama dengan berpuasa karena tidak ada asupan makanan yang masuk.

Sementara itu, tubuh tetap harus menjaga fungsi-fungsi metabolisme dan fisiologis yang dibutuhkan agar kita tetap hidup, misalnya jantung, perbaikan jaringan, pertumbuhan badan, dan sebagainya. Energi yang didapatkan oleh tubuh untuk menjalankan kegiatan itu semua berasal dari glukosa dalam darah, glikogen liver, dan asam lemak bebas.

Akibatnya, di pagi hari, kadar gula dalam darah, glikogen, insulin, dan level pertumbuhan hormon berkurang drastis. Itu sebabnya tubuh membutuhkan asupan makanan untuk menggantikan energi yang terpakai selama tidur.

Melihat pentingnya peran sarapan dalam tubuh kita maka kita perlu memilih sarapan yang sehat dan bernutrisi. Sayangnya, sebagian besar anak usia sekolah di Indonesia menu sarapannya kekurangan serat dan zat gizi mikro (kalsium, besi, dan vitamin A). Tidak hanya itu saja, 44,6% anak usia SD mengonsumsi sarapan dengan asupan energi kurang dari 15% kebutuhan harian.

Baca Juga:   Korban Protes Venezuela Bertambah, PBB Turun Tangan

Nah, ini yang perlu diketahui oleh orang tua jika anak melewatkan sarapan di pagi hari.

1. Saat perut kosong, anak akan sulit berkonsentrasi di dalam kelas, khususnya pada jam-jam sebelum makan siang.
2. Anak akan merasa lemas, lelah, kepala pusing, mengantuk, letih, dan lesu. Hal ini akan mengganggu proses berpikir di dalam kelas.
3. Kesehatan dan keseimbangan tubuh anak akan terganggu karena tubuh mengambil asupan energi dari glukosa darah sehingga menyebabkan kadar glukosa darah berkurang.
4. Terkena penyakit maag jika sering melewatkan sarapan.

Sebagai orang tua, tentunya kita tidak ingin hal di atas terjadi pada anak kita bukan?

Bisa dimengerti bahwa kehidupan keluarga Indonesia modern yang aktif menuntut orang tua bergerak dengan cepat dan dinamis. Kedua orang tua yang bekerja tentu disibukkan dengan segala urusan dan pekerjaan di kantor sehingga kerap kali kurang memperhatikan makanan yang dihidangkan di meja makan untuk sarapan pagi.

Ibu yang bekerja sering tidak memiliki waktu untuk memasak makanan yang komplet nilai gizinya di pagi hari. Akhirnya, ibu sering memilih jalan singkat, yaitu menghidangkan menu sarapan yang sering kali terdiri dari karbohidrat saja.

Lalu, bagaimana menyiasatinya? Bagaimana seorang ibu bisa menjadi ‘super mom’ yang tetap bisa mempersiapkan diri untuk pergi ke kantor, namun juga menghidangkan sarapan yang bernutrisi untuk keluarga?

Di era yang serba cepat ini, Ibu juga dapat memilih solusi pintar untuk menjamin kebutuhan gizi dan energi keluarga terpenuhi. Energen, produk sarapan susu plus sereal yang bergizi, merupakan solusi sarapan sehat yang tepat dengan nutrisi lengkap.

Produk Energen memenuhi syarat komposisi dari sebuah sarapan sehat. Energen memiliki kandungan gizi yang komplet, lebih dari susu, lebih padat karena juga mengandung sereal dan lebih bernutrisi.

Baca Juga:   Fakta Menarik Apple Orchard Road Singapura

Produk Energen mengandung susu, sereal, telur, sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, Kalsium), dan mineral. Kandungan gizi yang ada di produk Energen mampu mencukupi kebutuhan energi dan gizi anak sehingga badan dan otak anak siap untuk menjalankan berbagai aktivitas di sekolah maupun di luar sekolah.

Jadi, para ibu, tidak perlu khawatir lagi! Energen menjawab permasalahan Anda di pagi hari. Ibu kini bisa bernapas lega, karena seluruh anggota keluarga bisa meninggalkan rumah di pagi hari dengan perut kenyang setelah mengonsumsi Energen.

Apa manfaat mengonsumsi Energen di pagi hari pada anak?

Anak-anak merasa kenyang, karena Energen terdiri dari susu plus sereal. Lebih padat dan mengenyangkan. Anak menjadi lebih bisa berkonsentrasi baik di sekolah maupun di dalam aktivitas mereka sehari-hari. Hal ini tentunya akan memicu prestasi akademis mereka di sekolah dan prestasi non-akademis mereka di luar sekolah.

Setiap ibu selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Hal terbaik itu bisa dimulai dari memilih produk sarapan yang tepat di pagi hari. Energen, solusi sarapan sehat yang mampu mendukung prestasi anak-anak kita, anak Indonesia! Dengan sarapan Energen di pagi hari, badan siap, otak siap!

 

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo