Serena Williams Sambut Perubahan Aturan Tentang Petenis Yang Kembali Usai Melahirkan

Rekanbola – Bintang tenis AS, Serena Williams menyambut perlindungan ekstra yang diberikan kepada petenis yang menjadi ibu ketika mereka kembali ke dunia tenis.

Petenis yang telah mengantongi 23 gelar Grand Slam, Williams mengutarakan, “Itu luar biasa. Para wanita yang berusia lebih muda bisa tetap berkompetisi di lapangan, memiliki anak, dan tidak harus mengkhawatirkan tentang hal itu, serta tidak harus menunggu sampai usia produktif untuk melahirkan terlampaui.”

Perubahan aturan di dunia tenis putri disepakati bulan ini dan dimaksudkan untuk memastikan bahwa petenis yang bersangkutan tidak mendapatkan penalti ketika kembali ke dunia tenis setelah melahirkan atau cedera yang menyebabkan mereka harus absen untuk waktu yang cukup lama.

Perubahan tersebut dipicu dari pengalaman Williams dan petenis berkebangsaan Belarusia, Victoria Azarenka yang kembali berkompetisi di dunia tenis setelah melahirkan anak pertama mereka.

Pihak WTA menyatakan bahwa para petenis bisa kembali ke turnamen dengan menggunkan peringkat khusus yang berlaku tiga tahun setelah melahirkan dan pengecualian yang bisa dilakukan untuk mendapatkan posisi unggulan di turnamen-turnamen besar.

“Setelah mengalaminya sendiri, hal itu benar-benar membuka mata saya. Jika saya mengalaminya lebih awal apakah akan ada perubahan peraturan yang berbeda? Saya tidak tahu,” tambah Williams.

Williams tidak diunggulkan di Grand Slam pertama yang dilakoninya sejak melahirkan, French Open musim ini, walaupun ia memenangkan gelar Australian Open musim 2017. Sementara di Wimbledon ia diunggulkan di posisi ke-25 dan posisi ke-17 di US Open, dan di kedua Grand Slam tersebut ia lolos ke final walaupun harus berakhir sebagai runner up.

Baca Juga:   Jadwal Prancis Terbuka 2018 Hari Ini: Kesempatan Revans Jonatan