Sinopsis Film The Girl With the Dragon Tattoo

Rekanbola – Di Stockholm , Swedia , jurnalis yang bercerai, Mikael Blomkvist ( Daniel Craig ), pemilik bersama majalah Millennium, telah kehilangan kasus pencemaran nama baik yang diajukan kepadanya oleh pengusaha Hans-Erik Wennerström ( Ulf Friberg ).

 Lisbeth Salander ( Rooney Mara ), seorang penyelidik dan peretas yang brilian namun bermasalah , menyusun pemeriksaan latar belakang yang luas pada Blomkvist untuk pengusaha besar Henrik Vanger ( Christopher Plummer), yang memiliki tugas khusus untuknya. 

Dalam pertukaran untuk janji informasi yang memberatkan tentang Wennerström, Blomkvist setuju untuk pindah ke Hedestad dan menyelidiki hilangnya dan mengasumsikan pembunuhan cucu Henrik, Harriet, 40 tahun yang lalu.

untuk kekecewaan pasangan jangka panjang Blomkvist dan mitra bisnis Erika Berger ( Robin Wright ) yang ingin dia tinggal di Stockholm. Setelah pindah ke properti keluarga Vanger, Blomkvist menyingkap sebuah buku catatan yang berisi daftar nama dan nomor yang belum dapat dipecahkan oleh siapa pun.

Salander, yang berada di bawah pengawasan hukum negara karena didiagnosis inkompetensi mental, ditunjuk sebagai wali baru, pengacara Nils Bjurman ( Yorick van Wageningen ) mengendalikan keuangannya, setelah wali sebelumnya Holger Palmgren menderita stroke . 

Bjurman, seorang sadis seksual, menyalahgunakan wewenangnya untuk memeras kesenangan seksual dari Salander dan dengan kasar memperkosanya, tanpa menyadari dia diam-diam merekam serangan dengan kamera di tasnya. 

Pada pertemuan berikutnya, Salander menuntut balas dendam dengan melumpuhkan Bjurman dengan Taser , mengikatnya ke kaki tempat tidur, memperkosanya dengan dildo , dan kemudian menato sebuah pernyataan di dadanya secara permanen menandai dia sebagai seorang pemerkosa.

 Dia memaksa dia untuk menggunakan otoritasnya agar diagnosis ketidakmampuannya menjadi tidak berlaku dan membiarkan dia mengendalikan keuangannya, mengancam untuk mengunggah video serangannya ke Internet jika dia gagal atau menolak.

Putri Blomkvist, Pernilla ( Josefin Asplund ) mengunjunginya dan mencatat bahwa angka-angka dari buku catatan adalah referensi Alkitab. Blomkvist memberi tahu pengacara Vanger, Dirch Frode ( Steven Berkoff), bahwa ia membutuhkan bantuan dalam penelitiannya, dan Frode merekomendasikan Salander berdasarkan pada pekerjaan yang dia lakukan untuk meneliti Blomkvist sendiri. 

Blomkvist menyewa Salander untuk menyelidiki konten notebook. Dia menyingkap koneksi ke serangkaian pembunuhan wanita muda dari 1947 hingga 1967, dengan para wanita entah itu Yahudi atau memiliki nama-nama Bibel; banyak dari Vanger yang dikenal sebagai antisemit.

 Suatu pagi, Blomkvist menemukan mayat kucing yang sudah dimutilasi yang ia rawat dan suatu malam ketika berjalan, ia ditembak dan nyaris lolos. Sementara Salander cenderung cedera, mereka berhubungan seks dan menjadi kekasih. 

Saudara sosialis Harrik yang secara nasional bernama Harald mengidentifikasi Martin ( Stellan Skarsgård), Saudara Harriet dan kepala operasional kerajaan Vanger, dan Blomkvist menandai Martin sebagai tersangka. Penelitian Salander menyingkap bukti bahwa Martin dan ayahnya yang sudah meninggal, Gottfried, melakukan pembunuhan.

Blomkvist menerobos masuk ke rumah Martin untuk mencari lebih banyak petunjuk, tetapi Martin menangkapnya dan bersiap untuk membunuhnya. 

Sementara menyiksa Blomkvist, Martin sesumbar telah membunuh wanita selama beberapa dekade tetapi menyangkal membunuh Harriet. Salander tiba, menundukkan Martin dan menyelamatkan Blomkvist. 

Sementara Salander cenderung Blomkvist, Martin melarikan diri. Salander, di sepeda motornya, mengejar Martin di SUV-nya. Dia kehilangan kendali atas kendaraannya di jalan yang licin dan mati ketika terbakar. Salander perawat Blomkvist kembali sehat dan mengatakan kepadanya bahwa dia mencoba membunuh ayahnya ketika dia berusia 12 tahun yang menyebabkan dia berada di bawah perawatan negara.

 Blomkvist menyimpulkan bahwa Harriet masih hidup dan sepupunya Anita ( Joely Richardson) mungkin tahu di mana dia berada. Mereka melakukan perjalanan ke London di mana Anita telah tinggal sejak meninggalkan Swedia dan dia dan Salander memantaunya, menunggunya untuk menghubungi Harriet.

 Ketika tidak ada yang terjadi, Blomkvist menghadirinya, menyimpulkan bahwa wanita yang menyamar sebagai Anita adalah Harriet sendiri. Dia menjelaskan bahwa ayah dan kakaknya telah melakukan pelecehan seksual selama bertahun-tahun, dan bahwa Martin melihat dia membunuh ayah mereka untuk membela diri.

 Sepupunya, Anita, menyelundupkannya keluar dari pulau dan membiarkan dia hidup di bawah identitasnya ketika dia pindah ke London. Akhirnya bebas dari saudara laki-lakinya Martin, dia kembali ke Swedia dan dengan air mata bersatu kembali dengan Henrik.

Seperti yang dijanjikan, Henrik memberi Blomkvist informasi tentang Wennerström, tetapi itu terbukti tidak berguna. Salander hacks ke komputer Wennerström dan menyajikan Blomkvist dengan bukti kejahatan Wennerström. 

Blomkvist menerbitkan artikel yang menghancurkan Wennerström, yang melarikan diri dari negara tersebut. Salander meretas rekening bank Wennerström dan, bepergian ke Swiss dalam penyamaran, mentransfer dua miliar euro ke berbagai rekening. 

Wennerström ditemukan terbunuh. Salander mengungkapkan kepada mantan penjaga Holger Palmgren bahwa dia telah membuat teman (Blomkvist) dan bahagia.

 Dalam perjalanan untuk memberikan Blomkvist hadiah Natal, Salander melihat dia bersama dengan Erika, meskipun dia mengatakan dia akan melihat putrinya malam itu. Patah hati, Salander membuang hadiah itu dan pergi.

Transmisikan sunting ]

  • Daniel Craig sebagai Mikael Blomkvist :
Sebagai seorang pemilik bersama untuk majalah gaya hidup Swedia , Millennium , Blomkvist mengabdikan untuk mengungkap korupsi dan penyimpangan pemerintahan, menarik keburukan karena kecenderungannya untuk “pergi terlalu jauh”.
 [7] Craig berkompetisi dengan Brad Pitt , George Clooney , Viggo Mortensen , dan Johnny Depp sebagai kandidat untuk peran tersebut. [8] [9] Kekhawatiran awal atas konflik jadwal dengan produksi Cowboys & Aliens (2011) dan Skyfall (2012) mendorong Craig untuk menunda proses casting. [9] 
[10] Mengingat ketidakpastian seputar Skyfall berikutKebangkrutan Metro-Goldwyn-Mayer , Sony Pictures Entertainment dan DreamWorks menyusun jadwal dan Craig setuju untuk mengambil bagian. 
[10] Aktor Inggris diminta untuk menambah berat badan dan mengadopsi aksen netral untuk menyesuaikan pakaian budaya duniawi Stockholm. Setelah membaca buku di tengah-tengah “kegemaran awal”, Craig berkomentar, “Ini salah satu dari buku-buku yang tidak Anda hilangkan” […] Hanya ada perasaan bahwa hal-hal buruk akan terjadi dan saya pikir itu adalah bagian mengapa mereka begitu mudah dibaca oleh orang-orang. ” [7]
  • Rooney Mara sebagai Lisbeth Salander :
Salander adalah seorang hacker komputer yang telah bertahan dari pelecehan emosional dan seksual yang parah. Karakternya adalah “korban yang rentan berubah menjadi waspada dengan sikap” mengambil-tidak-tawanan “dari Lara Croft dan” kecerdasan yang dingin dan tidak sentimental “dari Spock .
Fincher merasa bahwa kepribadian eksentrik Salander memikat, dan menyatakan,” ada jenis pemenuhan keinginan kepadanya dalam cara dia mengurus hal-hal, cara dia hanya akan memasang dengan begitu banyak, tetapi ada sisi lain padanya juga.
” [7] Pengecoran rumit oleh rakit calon terkemuka seperti Natalie Portman , Ellen Page , Kristen Stewart , Emily Browning ,Keira Knightley , Anne Hathaway , Olivia Thirlby , Scarlett Johansson , Yolandi Visser , dan Emma Watson . 
[11] [12] Meskipun ada hype, beberapa akhirnya menarik diri dari pertimbangan karena komitmen waktu dan bayaran rendah. [13] Mara telah bekerja dengan Fincher di tahun 2010 filmnya The Social Network . [7] [9] Fincher, sementara suka penampilan muda aktris ‘, [14] 
menemukan sulit pada awalnya untuk membentuk dia untuk mencocokkan sikap antisosial Salander, yang sangat kontras dari perannya sebelumnya sebagai Erica yang patuh. [9]Mara mengalami banyak perubahan dalam penampilannya untuk menjadi Salander. Rambutnya dicelup hitam dan dipotong menjadi berbagai titik bergerigi, memberikan kesan bahwa dia memotongnya sendiri. 
[15] [16]Selain penampilan transgresif nya, yang digambarkan sebagai “mash-up dari kurang ajar Tujuh Puluh punk dan Eighties seram goth dengan sejumput S & M penggoda”
oleh Lynn Hirschberg dari W , [15] Mara berpartisipasi dalam penyaringan formal dan difilmkan oleh Fincher di kereta bawah tanah di Los Angeles dalam upaya untuk meyakinkan eksekutif Sony Pictures bahwa dia adalah pilihan yang kredibel. [9]
  • Christopher Plummer sebagai Henrik Vanger:
Vanger adalah seorang pengusaha kaya yang meluncurkan penyelidikan ekstensif terhadap urusan keluarganya. Meskipun memanggil keluarga Vanger “disfungsional”, Plummer mengatakan tentang karakter: “Saya suka karakter orang tua, dan saya bersimpati dengan dia. Dia benar-benar orang tua paling baik di seluruh buku.
Semua orang agak curiga, dan masih berada di ujung. Old Vanger memiliki garis lurus yang bagus, dan dia mendapatkan keinginannya. ” [17] Plummer ingin mengilhami karakter dengan ironi , sebuah elemen yang ia temukan tidak ada dari novel Henrik. 
[18] “Saya pikir orang tua itu akan memilikinya,” dia berpendapat, “karena dia adalah orang tua yang sangat canggih […] terbiasa dengan banyak kekuatan. Jadi dalam berurusan dengan orang-orang, dia akan sangat baik […[18]
  • Stellan Skarsgård sebagai Martin Vanger:
Martin adalah CEO Vanger Industries saat ini. Skarsgård tertarik oleh sifat ganda karakter, dan terpesona bahwa ia harus menggambarkannya dalam “dua cara yang sangat berbeda”. [19] Sehubungan dengan kepribadian Martin yang “sangat kompleks” dan “rumit”, aktor Swedia itu mengatakan, “Dia bisa sangat menawan, tetapi dia juga bisa menjadi orang yang sangat berbeda di berbagai titik dalam film.”
 [7] Saat berkonsultasi dengan Fincher, sutradara ingin Skarsgård untuk bermain Martin tanpa referensi ke buku. [19]
  • Steven Berkoff sebagai Dirch Frode, Kepala Penasihat Hukum untuk Vanger Industries
  • Robin Wright sebagai Erika Berger: mitra bisnis Blomkvist dan kepala editor majalah Millennium . Dia juga kekasih sesekali Blomkvist.
  • Yorick van Wageningen sebagai Nils Bjurman:
Sebagai wali hukum Salander, dia menggunakan posisinya untuk melakukan pelecehan seksual dan akhirnya memperkosanya. Salander ternyata mejanya, menyiksanya dan mencapnya sebagai pemerkosa. Fincher menginginkan karakter menjadi lebih buruk daripada antagonis biasa, meskipun ia tidak ingin meniru stereotipe
“kumis-memutar-mutar memutarbalikkan”. Sang sutradara menganggap Van Wageningen sebagai perwujudan seorang aktor serba bisa — seorang yang “manusia dewasa penuh” dan aktor “brilian”. “Dia mampu membawa penampilannya dari tempat yang logis dalam pikiran Bjurman dan menemukan rembesan kegelapan yang mendidih di dalam,” kata Fincher. 
Kejiwaan Bjurman yang multifaset adalah alasan utama mengapa Van Wageningen ingin memainkan peran itu. Aktor Belanda itu berkata, “Karakter ini mengalami banyak hal dan saya tidak yakin saya ingin melalui semua itu. Saya memulai separuh perjalanan antara kegembiraan untuk bekerja dengan David Fincher dan ketakutan karakter ini, tetapi saya bisa menggunakan kedua hal itu. Kami berdua berpikir rute yang paling menarik adalah agar Bjurman terlihat setengah ramah. Tantangannya bukan dalam menemukan kekerasan aneh dalam pria itu tetapi menemukan kemanusiaannya. “[7]
  • Joely Richardson sebagai Harriet Vanger:
Kakek Henrik yang sudah lama hilang yang bersembunyi menyamar sebagai sepupunya, Anita. Dalam memerankan karakternya yang “rumit”, Richardson mengenang bahwa Fincher menginginkannya untuk merangkul pribadi yang “lebih gelap, lebih pintar”, tanpa gula, dan tidak “terselesaikan atau disembuhkan”. “Bahkan jika kamu mulai bergerak ke arah yang ditentukan atau disembuhkan, dia masih menginginkannya tegang dan gelap. Tidak ada emosi lugas di dunia film ini.” [7]
  • Goran Višnj sebagai Dragan Armansky, kepala Keamanan Milton, majikan Salander
  • Donald Sumpter sebagai Detektif Morell
  • Ulf Friberg sebagai Hans-Erik Wennerström, CEO dari Grup Wennerström
  • Geraldine James sebagai Cecilia Vanger
  • Tanamkan Davidtz sebagai Annika Giannini, saudara perempuan Mikael dan seorang pengacara
  • Josefin Asplund sebagai Pernilla Blomkvist, putri Mikael
  • Per Myrberg sebagai Harald Vanger
  • Tony Way sebagai Plague, teman hacker Salander
  • Fredrik Dolk sebagai Bertil Camnermarker, Penasihat untuk Kelompok Wennerström
  • Alan Dale sebagai Detektif Isaksson
  • Julian Sands sebagai Young Henrik Vanger
  • David Dencik sebagai Young Morell
  • Gustaf Hammarsten sebagai Young Harald
  • Leo Bill sebagai Trinity, teman-teman hacker Salander yang lain
  • Élodie Yung sebagai Miriam Wu, kekasih sesekali Salander
  • Joel Kinnaman sebagai Christer Malm

 

( Sumber : wikipedia.com )