Soal Posisi Terbaik Marcus Rashford, Ini Penjelasan Jose Mourinho

Rekanbola – Pelatih Manchester United, Jose Mourinho kembali angkat bicara seputar polemik posisi Marcus Rashford. Mourinho menyebut bahwa sang pemuda kemungkinan besar tidak akan bermain sebagai penyerang tengah di Manchester United.

Pada jeda internasional kemarin, Marcus Rashford mendapatkan banyak pujian. Ia berhasil mencetak 2 gol bagi Timnas Inggris, termasuk salah satunya gol kemenangan The Three Lions atas Swiss.

Seusai pertandingan tersebut, banyak pandit yang mengkritik Jose Mourinho. Pasalnya di United, Mourinho lebih banyak memainkan sang pemain di sektor sayap ketimbang di posisi penyerang tengah.

Namun Mourinho sendiri menegaskan bahwa Rashford kemungkinan besar tidak akan menjadi penyerang tengah di United. “Ketika menggunakan sistem empat pemain menyerang, memang bermain sebagai winger akan banyak merubahnya dari posisi aslinya,” buka Mourinho kepada Goal International.

 

Bukan Winger

Mourinho sendiri menegaskan bahwa skema yang digunakan United bukanlah skema yang menggunakan winger, melainkan peran menyerang yang lebih bebas.

“Di Manchester United kami menggunakan tiga penyerang. Ketika kami menggunakan tiga penyerang, dua pemain kami bukanlah seorang winger. Mereka tidak bermain melebar atau terbuka sepanjang waktu.”

“Mereka mendapatkan kebebasan untuk masuk dan bermain di antara kedua posisi tersebut [Sayap dan penyerang tengah] dan saya bisa bilang salah satu dari tiga posisi penyerang itu cocok untuk Rashford.”

 

Cocok Untuk Timnas

Mourinho sendiri menegaskan bahwa posisi penyerang tengah lebih cocok digunakan Rashford ketika ia bermain di Timnas Inggris, dan bukannya untuk Manchester United.

“Saya rasa posisinya tergantung dengan sistem yang digunakan timnya. Jadi saya kira untuk Timnas Inggris, mereka biasanya bermain menggunakan 5 pemain bertahan dan dua pemain menyerang, dan saya rasa itu posisi yang baik untuknya [Rashford].”

Baca Juga:   MU Segera Perpanjang Kontrak Ander Herrera

“Dia tidak bisa menjadi wingback di sistem lima bek. Dia tidak bisa menggantikan Luke Shaw, Kieran Trippier atau Danny Rose. Ia harus bermain sebagai penyerang tengah dalam sistem tersebut.” tandasnya.

 

Absen Lama

Rashford sendiri harus absen di tiga laga EPL bagi Manchester United karena ia mendapatkan kartu merah pada laga melawan Burnley