soda 7 Tips Menabung Emas Cepat Di Usia Muda. Cocok Untuk Mahasiswa

Rekanbola – Menabung emas di usia muda merupakan sebuah peluang investasi yang sangat berharga untuk masa depan. Sudah bukan zamannya lagi, seorang anak muda tabu untuk membicarakan investasi, malah kita harus melek akan hal ini.

Sayangnya, masih belum banyak anak muda terutama mahasiswa yang mencoba untuk menabung emas sejak dini. Mereka masih lebih suka untuk menggunakan uangnya untuk jajan atau belanja.

Sebuah penelitian dari Alvara Research Center yang bertajuk “The Urban Middle-Class Millenials Indonesia: Financial and Online Behavior” menunjukkan kalau hanya 29,6% anak muda saja yang melakukan investasi lewat menabung emas.

Padahal jelas, menabung emas akan memberikan banyak keuntungan di masa depan terutama untuk anak muda. Mereka bisa menjadi lebih sejahtera dan bisa melakukan perencanaan kehidupan yang lebih matang.

Hal ini jelas akan membantumu agar bisa memiliki perencanaan keuangan yang matang dan dijauhkan dari garis kemiskinan. Penasaran? Yuk, langsung simak tips menabung emas ini aja!

Buatlah goals dan tujuan akhir menabung emas

Setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda saat akan memutuskan menabung. Bisa sebagai investasi mencari keuntungan atau juga untuk menjadi cadangan aset disaat-saat kritis.

Agar kamu bisa menabung emas dengan tepat, maka kamu harus memahami tujuan akhirmu. Hal ini akan membantumu untuk merencanakan besaran tabungan emas yang akan kamu alokasikan.

Pantau selalu harga emas

Seperti kita ingin membeli sebuah barang. Agar kita mendapatkan keuntungan, maka kita harus memantau dan melakukan riset pasar.

Hal seperti itu juga perlu kita lakukan saat menabung emas. Kita harus rajin-rajin melihat perkembangan harga emas. Ketika kenaikannya tidak begitu besar dan harganya ‘murah’, maka itu adalah saat yang tepat untuk menabung emas.

Baca Juga:   10 Guyonan tanggapi fitur baru Instagram ini lucunya keterlaluan

Kamu bisa melakukan beberapa riset melalui situs resmi pengelola emas di Indonesia seperti PT. Antam dan Pegadaian.

 

Tentukan jenis emas yang akan kamu jadikan tabungan

Ada beberapa jenis emas yang biasa diperjualbelikan, seperti emas perhiasan, emas keping, dan emas batangan. Namun, ketika kamu ingin menabung emas, maka pilihan yang paling tepat adalah emas keping atau batangan.

Dua jenis emas ini memang merupakan jenis emas yang diperuntukan sebagai investasi jangka panjang. Sehingga, ini merupakan aset yang paling cocok kamu pilih untuk menabung emas.

Besaran berat emas pun beragam dan itu akan menentukan harga tabunganmu kelak. Namun, untuk anak muda dan mahasiswa, menabung emas dengan gram terkecil dengan harga yang terjangkau sepertinya pilihan cerdas.

Kamu bisa menyisihkan uang sekitar 10.000 untuk tiap 0,01 gram emas. Tentunya bukan harga yang mahal untuk sebuah tabungan emas ‘kan.

Pilih perusahaan yang menurutmu cocok untuk menabung emas

Tabungan emas sekarang cukup banyak ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia. Namun, kamu harus memilih mana yang cocok dengan kantong dan kemampuan keuanganmu.

Belum lagi setiap perusahaan pasti memiliki penawaran yang berbeda-beda, kamu bisa mencoba untuk membandingkan satu dengan yang lainnya. Perusahaan seperti Antam membuka kesempatan menabung emas, tapi kamu harus siap mengantri lama ketika datang kesana.

Rekomendasi perusahaan menabung emas buat anak muda

Untuk anak muda sepertinya perusahaan seperti Pegadaian dengan tabungan emasnya akan sangat cocok. Selain BUMN, Program-program dan keamanan Pegadaian sudah terjamin dan mudah.

Belum lagi, sekarang beberapa e-commerce di Indonesia juga sudah mencoba menawarkan menabung emas secara online. Contohnya, seperti BukaLapak yang memiliki sub usaha seperti BukaEmas.

Yang tidak boleh kamu lupakan, lihat keamanan emas tabunganmu

Baca Juga:   Terlalu Tajir, Turis Beri Makan Jerapah Pakai Uang Tunai

Pilihan keamanan dalam menabung emas merupakan hal yang sangat krusial. Karena, emas merupakan salah satu logam mulia yang sangat bisa berkurang harganya ketika tidak disimpan di tempat yang benar.

Emas batang murni sangat mudah teroksidasi ketika disimpan di sembarang tempat dan ketika itu terjadi, maka emas tersebut akan mulai berkurang harganya. Tentunya ini menjadi kerugian.

Jadi, ketika kamu memutuskan menabung emas. Cobalah untuk mencari perusahaan yang bisa memberikan fasilitas brankas emas khusus sebagai tempat penyimpanannya.

Selalu pastikan kondisi emas tabunganmu

Menabung emas bisa kita ambil kapan saja ketika berat emas sudah cukup untuk dicetak. Ketika momen ini datang, kamu harus jeli dan pastikan emasmu dalam kondisi baik.

Jangan lupa untuk meminta bukti surat sertifikat logam mulia yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah. Karena ketika emasmu memiliki surat resmi, harganya akan semakin mahal dan tidak akan jatuh dari harga beli sebelumnya.