Strategi Operator Tingkatkan Pelayanan Tol Tangerang-Merak

Rekanbola.com – Pengelola jalan tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti, terus melakukan pembenahan di berbagai bidang. Hal tersebut dilakukan agar pengguna jalan bebas hambatan penghubung Jakarta di sisi Barat tersebut semakin dimanjakan.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalaksakti, Indah Permanasari, mengatakan peningkatan layanan di bidang infrastruktur salah satunya dengan melakukan pelebaran lajur ke-4 ruas Tangerang Barat sampai dengan Cikupa. Peningkatan jalan juga dilakukan dengan pelapisan ulang aspal sepanjang 18,64 kilometer (km).

“Untuk kenyamanan bertransaksi, kami melakukan penambahan lajur transaksi pada on ramp gardu satelit Cikupa, juga penambahan simpang susun ramp Cikupa. Kelancaran menuju dan keluar gerbang pun tetap menjadi perhatian Tol Tangerang-Merak, melalui program revitalisasi akses tahap 1 telah dilaksanakan pada akses Balaraja Barat,” ujar Indah di Jakarta.

Perbaikan lainnya, lanjut dia, yakni merombak beberapa kantor gerbang tol antara lain kantor Gerbang Balaraja Timur, Balaraja Barat, Cilegon Barat, Serang Timur, juga pos patroli dan kantor Polisi Jalan Raya (PJR) di Ciujung.

“Setelah merampungkan renovasi 9 gerbang pada tahun 2016 lalu, kami juga melakukan standardisasi kantor gerbang dengan merenovasi sejumlah kantor gerbang,” kata Indah.

Selain itu, anak usaha PT Astra International Tbk ini juga menyempurnakan instalasi sistem peralatan tol di seluruh kantor gerbang. Penambahan 5 Gardu Tol Otomatis (GTO) yakni 1 unit di Gerbang Tol Cilegon Timur dan 4 unit di Gerbang Tol Satelit Cikupa. Sehingga total GTO yang terpasang tahun 2017 adalah 21 unit.

“Kami juga akan memaksimalkan pengoperasian weigh in motion (WIM) serta penertiban overload (muatan berlebih). Sejak pertengahan tahun 2013, sensor WIM sudah terpasang pada Gerbang Tol Cilegon Barat dan sudah mulai dilakukan evaluasi data hasil timbang sensor berat tersebut,” terang Indah.

Sistem WIM juga sudah terintegrasi. Tujuannya, agar dapat melakukan justifikasi kendaraan overload yang secara sistem, sehingga penentuan overload dapat lebih akurat.

“Pada tahun 2017 kami kembali melakukan implementasi 2 unit sistem timbangan kendaraan elektronik WIM pada gerbang tol Serang Barat dan Cilegon Timur,” papar Indah.

PT Marga Mandalasakti sendiri saat ini jadi operator ruas Tol Merak-Jakarta yang memiliki panjang 72,45 km yang menghubungkan Tangerang Barat sampai Merak di ujung Pulau Jawa. Jalan tol ini melalui 3 Kota yaitu Tangerang, Serang, dan Cilegon.

Jalan Tol Tangerang-Merak memiliki 9 Gerbang Tol, yaitu Gerbang Tol Cikupa, Balaraja Barat, Balaraja Timur, Ciujung, Serang Timur, Serang Barat, Cilegon Timur, Cilegon Barat, dan Merak.

Baca Juga :

Untuk mendukung pelayanan pengguna jalan tol, perseroan saat ini mengoperasikan 6 unit ambulance, 2 unit rescue truck, 5 unit kendaraan patroli, 10 truk derek, 2 kendaraan manlift, 13 variable Message sign (VMS) dengan penambahan VMS LED Full Colour di sejumlah akses, 35 unit closed-circuit television (CCTV) yang terpasang di ruas jalan, dan 42 lampu peringatan.

Kemudian sarana pendukung lainnya yakni penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 1.666 titik lampu dan PJU pintar (smartlight management system) yang terpasang pada PJU simpang susun Bitung. Juga memiliki 4 tempat istirahat yang berada di KM 68 dan KM 43 arah Merak, serta KM 68 dan KM 45 arah Jakarta.

Kontes Foto Puluhan Juta Rupiah

Otolovers suka motret dan mau hadiah uang tunai senilai total Rp 30 juta? Ikut kontes foto Astra Infra Tol aja! Caranya:

1) Follow akun instagram @detikoto & @astratoltamer
2) Follow akun twitter @detikoto & @tol_mms
3) Upload foto kamu di Instagram dengan tema “Lancar, Aman, Nyaman, & Keindahan Tol” saat berada di tol Astra Infra ruas Tangerang-Merak
4) Peserta wajib menggunakan hashtag #AstraTolTaMerFotoContest dan mention ke @detikoto dan @astratoltamer
5) Peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 foto

Periode Program: 15 Januari – 15 Februari 2018

 

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo