Survei: Perempuan Lebih Sering Pakai Uang Tunai Ketimbang Pria

Rekanbola – Berdasarkan hasil survei, baik perempuan dan pria menilai bayar uang tunaidinilai lebih nyaman, mudah, risiko rendah, dan tidak tersedia metode pembayaran alternatif. Namun, perempuan lebih sering bayar beli barang di toko pakai uang tunai ketimbang pria.

Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan GlobalData yang survei 30 ribu konsumen di 35 pasar. Perempuan cenderung pakai uang tunai sebagai alat pembayaran lebih sering sekitar enam persen ketimbang pria.

Sebagian besar konsumen juga menyebutkan kalau membayar pakai uang tunai lebih nyaman. Sekitar 89 persen responden mengatakan menggunakan uang tunai untuk pembayaran di toko hingga 25 kali dalam sebulan.

Analis keuangan senior GlobalData, Arnie Cho menuturkan, perempuan menggunakan uang tunai lebih sering dibandingkan pria mencerminkan peran sosial tradisionalnya.

Dalam banyak kasus, perempuan cenderung memikul tanggung jawab mengurus rumah tangga dan membawa anak-anak ke sekolah sehingga meningkatkan peluang lebih memilih pakai uang tunai.

“Di beberapa bagian di dunia, orang masih lebih suka belanja daging dan sayuran dari pasar tradisional dan hanya menerima uang tunai. Kemungkinan besar perempuan melakukan pembelian itu,” kata Arnie, seperti dikutip dari laman Business Insider.

Survei juga menyebutkan kalau 33 persen responden perempuan dan 35 persen responden laki-laki menyatakan kenyamanan sebagai alasan utama memilih membayar pakai uang tunai.

Alasan lainnya risiko rendah dan tidak tersedianya metode pembayaran alternatif yang semuanya menunjukkan bobot hampir sama antara perempuan dan laki-laki dengan hanya catat perbedaan 1-2 persen.

“Meski pun ada kesempatan uang tunai adalah satu-satunya pilihan pembayaran bagi konsumen ketika melakukan pembayaran di dalam toko, ada sejumlah aspek lain dari perilaku konsumen yang menjelaskan mengapa konsumen memilih uang tunai sebagai pilihan pembayaran mereka,” tambah Cho.

Baca Juga:   Klarifikasi Namanya, YG Entertainment Bantah Keterlibatan Lee Seung Hoon di Insiden 2016

“Misalnya generasi X dan Y menggunakan uang tunai lebih sering dari pada kelompok usia lain, sebagian karena keluar bekerja sehingga meningkatkan peluang beli barang di toko,” kata dia.

 

(Sumber : liputan6.com )