Sutradara AS Diganjar Penghargaan International Woman of Inspiration

REKANBOLA – Selain dikenal dalam dunia perfilman dan penyiaran, nama Cheryl Feldman Halpern juga dikenal karena kiprahnya dalam memperjuangkan kesetaraan gender di berbagai negara.

Tidak hanya itu, ia juga dikenal sebagai filantropis dari Amerika Serikat yang merupakan salah satu founder Visions of Peace Awards, sebuah inisiatif seni yang berfokus untuk menggemakan perdamaian pada generasi muda lewat cara-cara kreatif. Tak heran jika ia mendapatkan penghargaan dari International Film Festival for Women, Social Issues & Zero Discrimination (IFFWSZ).

Saat ditanya terkait ketertarikannya terhadap isu gender, ia mengaku sudah mulai fokus dan menyuarakan hal itu sejak duduk di bangku kuliah. Kala itu, ia melihat dan merasakan banyak ketidakadilan yang dialami oleh perempuan.

“Saat itu saya melihat banyak sekali perempuan, terutama perempuan di negara-negara di Afrika yang mengalami ketidakadilan, dan termarjinalkan. Hal itu yang membuat saya merasa perlu untuk mendorong ini,” kata dia saat ditemui di Pusat Kebudayaan Rusia, Selasa, 26 Maret 2019.

Hal itulah yang kemudian membuatnya menginisiasi gerakan untuk meningkatkan literasi, terutama di daerah seperti di Ethiopia dan Uganda. Ia memberikan buku secara gratis yang ditempatkan di supermarket dan pusat perbelanjaan.

“Jadi ketika orangtuanya tengah berbelanja, sang anak bisa menunggu sambil membaca buku,” ujar Cheryl.

Lebih jauh ia mengatakan, salah satu cara untuk mencapai kesetaraan ialah dengan mendorong anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak. Hal itu menurutnya, karena anak adalah generasi masa depan.

Sebagai informasi, tahun ini IFFWSZ bekerja sama dengan World Documentary Awards memilih film asal Amerika, The Mauritz Kiek Story besutan sutradara Cheryl Halpern sebagai Film Terbaik.

Baca Juga:   Gantung sepatu, ini 15 potret perubahan Ronaldinho sejak kecil

Damien Dematra, Founder dan Director IFFWSZ mengatakan bahwa sebuah kebahagiaan tersendiri penyelenggaraan Hari Perempuan dan Hari Anti Diskriminasi tahun ini dapat dirayakan dengan meriah dan didukung oleh banyak pihak. Sekadar informasi, IFFWSZ menyelenggarakan Acara Penganugerahan tahunan ke-8 di Indonesia sekaligus merayakan hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2019 dan Hari Anti Diskriminasi pada 21 Maret 2019.

“Saya harap di masa depan akan lebih banyak tokoh yang dapat menginspirasi generasi muda Indonesia,” ujarnya.

Pada tahun ini, IFFWSZ memberikan penghargaan International Woman of Inspiration kepada sutradara senior dan filantropis Amerika Serikat Cheryl Halpern. Selain itu, IFFWSZ juga memberikan Woman of Supreme Achievement Award kepada Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.