Tak Masuk di DPT, KPU Siantar Silakan Warga Masuk ke DPK

Rekanbola – Bagi pemilih yang namanya tak masuk dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPTHP-2) tapi memiliki KTP elektronik, masih diberi kesempatan untuk bisa memilih pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

KPU Siantar sejak 24 Desember 2018 lalu, telah membuka pendaftaran untuk warga yang belum masuk dalam DPTHP-2 tersebut yang nantinya dimasukkan dalam daftar pemilih khusus (DPK).

Ketua KPU Siantar, Daniel MD Sibarani menyebut, pihaknya menyampaikan hal ini kepada masyarakat melalui pengumuman.

Di mana kepada para pemilih yang tidak terdaftar di DPTHP-2, untuk melapor ke petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kantor kelurahan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kantor kecamatan dan kantor KPU Siantar di Jalan Porsea.

“Untuk bisa dimasukkan dalam daftar pemilih khusus itu, pemilih silakan menunjukkan KTP elektronik asli serta menyampaikan foto copi kartu keluarga dan foto copi KTP elektronik,” terang Daniel, Kamis (27/12/2018).

Daniel menyebut, bagi para pemilih yang masuk dalam DPK ini nantinya baru bisa memilih pada pukul 12.00-13.00 WIB.

Lebih jauh dia mengingatkan, kepada warga pindah memilih, karena alasan bekerja atau kuliah, harus mengurus formulir A5 ke Panitia Pemungutan Suara asal dan diserahkan kepada tempat pemungutan suara (TPS) yang dituju.

“Paling lama 30 hari sebelum hari pemungutan suara, Form 5A sudah diserahkan kepada TPS yang dituju,” katanya.

Diketahui, sebelumnya KPU Siantar sudah menetapkan DPTHP-2 untuk Siantar pada Pileg dan Pilpres 2019 sebanyak 179.099 orang. Ditetapkan melalui rapat pleno KPU Siantar pada 10 Desember 2018.

 

Baca Juga:   Allegri Yakin Ronaldo dan Dybala Bisa Main Bersama