Tanpa Cristiano Ronaldo, La Liga Tetap Populer

Rekanbola – Mantan pemain Real Madrid, Steve McManaman angkat suara mengenai kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus. Dalam kacamata McManaman, kepergian Ronaldo itu tidak akan memberikan dampak yang signifikan dari keberlangsungan La Liga.

Pada musim panas ini, La Liga kehilangan salah satu pemain yang menjadi ikon mereka selama hampir satu dekade terakhir. Mega bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo memutuskan menyudahi 9 tahun petualangannya di Spanyol untuk bergabung dengan Juventus.

Kepergian Ronaldo sendiri menimbulkan banyak komentar dari berbagai pihak. Banyak yang menilai La Liga akan mulai ditinggalkan banyak penontonnya akibat kepergian kapten Timnas Portugal tersebut.

Namun di mata McManaman, La Liga tidak akan terkena dampak dari kepindahan Ronaldo. “Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus beberapa bulan yang lalu, dan saya rasa kepindahannya tidak memberikan efek apapun bagi La Liga.”

Baca penjelasan McManaman seputar pamor La Liga selengkapnya di bawah ini.

 

Sudah Pernah Terjadi

McManaman menyebut La Liga sudah beberapa kali ditinggal ikon-ikonnya, namun ia menilai kasta tertinggi sepakbola Spanyol itu masih menarik banyak minat dari berbagai penjuru.

“Ronaldo memang pernah bermain di Inggris dan sebelumnya dia pernah bermain di Portugal. Faktanya ia sudah beberapa kali berpindah klub.”

“Sama seperti Neymar yang sudah berpindah-pindah klub, saya rasa kepindahannya tidak akan memberikan efek apapun bagi La Liga.”

 

Masih Punya Pesona

McManaman sendiri mengakui bahwa Ronaldo merupakan salah satu bintang besar di 10 tahun terakhir. Namun McManaman percaya kepergian Ronaldo dari Real Madrid tidak akan menurunkan pamor La Liga, di mana ia percaya pemain-pemain top akan terus berdatangan untuk mengadu nasib di Spanyol.

Baca Juga:   Montella Puji Milan yang Tetap Tenang Meski Tertinggal

“La Liga sendiri jauh lebih besar daripada seorang pemain dan saya rasa perpindahan pemain di sekitar Eropa sangat-sangat normal.

“Faktanya Coutinho pindah ke Liga ini, dan juga Arturo Vidal memutuskan datang ke Liga Ini. Saya rasa klub-klub seperti Real Madrid dan Barcelona tidak akan pernah kehilangan pesona mereka. Mereka tidak akan pernah kehilangan status mereka sebagai salah dua tim terbesar dan terbaik di dunia.” tandasnya.

 

Start Sulit

Ronaldo sendiri saat ini mengalami kesulitan di Serie A. Ia masih belum mencetak gol di tiga laga pembuka Serie A bersama Juventus musim ini