Tempe ‘Setipis Kartu ATM’ Bisa Diolah Jadi Makanan Nikmat

Rekanbola – Bakal calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno mengeluarkan pernyataan kontroversial yang menyebut tempe kini setipis kartu ATM. Ucapan itu keluar dari mulutnya merespons keluhan warga terhadap tingginya harga bahan-bahan pokok.

Terlepas dari benar atau tidaknya pernyataan itu, faktanya ada beberapa olahan tempe yang terbilang tipis sebagaimana yang diucapkan Sandi.

Berikut beberapa makanan olahan ‘tempe setipis kartu ATM’ yang masih menjadi favorit warga.

1. Keripik tempe

Seperti keripik pada umumnya, olahan tempe yang satu ini memiliki rasa yang renyah dan garing. Olahan ini terbuat dari tempe yang dipotong setipis mungkin, beberapa bahkan ada yang lebih tipis dari kartu ATM.

Irisan tempe tipis itu lalu digoreng dengan campuran adonan asin agar menjadi keripik yang kriuk. Keripik tempe ini memiliki beberapa bentuk seperti bulat atau persegi.

Beberapa daerah penghasil tempe, seperti Tegal, menjadikan keripik tempe sebagai oleh-oleh dari kotanya.

2. Tempe penyet

Penganan ini umumnya tersedia di banyak warung penyet. Sajian ini kerap menemani menu ayam penyet agar lebih lengkap.

Cara membuat tempe penyet pun sangat sederhana. Pertama, goreng tempe hingga matang. Lalu angkat dan penyetkan tempe hingga setipis mungkin. Beberapa warung menggunakan batu ulekan untuk menipiskan tempe.

Tempe penyet bakal lebih nikmat dinikmati dengan sambal yang pedas.

3. Tempe goreng tepung

Berbeda dengan keripik tempe, pada tempe goreng tepung, tekstur yang lembut dan rasa tempe masih begitu kental. Hanya saja, tempe goreng tepung ini sedikit lebih tebal dari kartu ATM.

Tempe goreng tepung pas disantap dengan sambal atau sebagai lauk yang kaya akan protein.

Baca Juga:   Jangan Grogi, Ini 6 Tips Kencan untuk Kamu Seorang Introvert!

4. Mendoan

Pada mendoan, olahan tempe tipis dan tepung hanya dibuat setengah matang sehingga menghasilkan tekstur yang lembek. Teknik pembuatan mendoan adalah memasak dengan minyak panas yang matang dan cepat.

Mendoan disajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap. Rasa pedas manis dari sambal kecap membuat mendoan lebih mantap