Tiga Wanita Kurir Sabu 13,5 Kg Dituntut Penjara Seumur Hidup

REKANBOLA – Dianggap terbukti sebagai kurir narkotika jenis sabu-sabu seberat 13,5 Kg, 3 orang wanita dituntut jaksa dengan hukuman penjara seumur hidup.

Tuntutan ini dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Hendro Sasmito, Kamis (14/3). Dalam tuntutannya, tiga terdakwa tersebut bernama Aliefianti Amalia, Nina Arismawati, dan Amalia Munidawati Nura.

Mereka dianggap jaksa terbukti mengedarkan narkotika jenis sabu seberat 13,5 kilogram. Jaksa pun menjerat ketiga terdakwa dengan Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 UU juncto No. 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Menuntut pada tiga terdakwa dengan pidana penjara selama seumur hidup,” ujarnya.

Dalam pertimbangan jaksa, hal yang memberatkan, perbuatan mereka dianggap bertentangan dengan program pemerintah tentang pemberantasan peredaran narkoba.

“Selain itu, mereka juga pernah dihukum dengan kasus yang sama,” tambahnya.

Sementara itu, hal yang meringankan, mereka mengakui dan menyesali perbuatannya.

Terpisah, dalam ruangan yang sama jaksa juga menuntut dua terdakwa lain yang masih satu jaringan dengan tiga terdakwa, yakni Budi Santoso dan Enik Setiyawati.

Dalam kasus ini, kedua terdakwa merupakan penerima paket sabu dari tiga terdakwa. Budi, dituntut hukuman 20 tahun penjara, sedangkan Enik dituntut 18 tahun penjara.

Terkait dengan tuntutan tersebut, kuasa hukum kelima terdakwa, Arif Budi Prasetijo menyatakan keberatan. Ia menilai, tuntutan jaksa itu terlalu berat.

“Nanti kita siapkan pembelaan. Tentu ini tidak adil. Sebab, pasal yang didakwakan sama tapi tuntutannya berbeda,” tegasnya.

Baca Juga:   Ending Tomb Raider Ternyata Bocor di Trailer