Tim Penilai Kecamatan Terbaik Sumut Kunjungi Padang Hilir

Rekanbola – Tim Penilai Kecamatan Terbaik Sumatera Utara mengunjungi Kecamatan Padang Hilir, Kamis (15/11/2018). Kedatangan tim yang akan melakukan menilai kecamatan terbaik di Sumatera itu disambut Sekda Kota Tebing Tinggi, Mara Pusuk Siregar SH.

Sekda dalam sambutannya mengatakan, kedatangan Tim Penilai Kecamatan hendaknya memotivasi dan memacu semangat para camat yang merupakan lini terdepan dan langsung berhubungan masyarakat dalam menunaikan amanah tugas dari pemerintah.

“Kunjungan tim Penilai Kecamatan Terbaik Provinsi Sumatera Utara hendaknya dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan sumber daya masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Padang Hilir, Ramadhan Barqah Pulungan SIP, MSi memaparkan struktur wilayah kecamatan, keadaan penduduk dan pemerintahan serta beberapa program di bidang pemerintahan seperti, pelayanan pembuatan sertifikat tanah masyarakat secara gratis.

Lanjut Ramadhan, kinerja aparatur kecamatan dan kelurahan yang sangat berperan aktif di lapangan melalui swadaya masyarakat yang tetap berkomunikasi satu sama lainnya.

Lewat kegiatan bakti sosial seperti gotong royong, perbaikan fasilitas umum, fasilitas keagamaan dan lain sebagainya.

“Program Lansia, PKK, Karang Taruna, kerajinan kelompok usaha dan permodalan, kegiatan Posyandu dan pelayanan Samsat Keliling dan lainnya,” katanya.

Usai pemaparan, ekspos kecamatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh 5 orang tim penilai yang dipimpin Jamanson Damanik.

Jamanson mengatakan, bahwa untuk memperoleh keberhasilan tidak terlepas dari kerjasama seluruh stake holder kecamatan dari kelurahan hingga masyarakat.

Untuk mengetahui sejauh mana kerjasama yang dimaksud, tim penilai langsung bertanya kepada peserta yang hadir, mulai dari pihak TNI/Polri, lurah, Kepling, OKP, ibu-ibu PKK dan masyarakat.

“Kalau ingin berhasil, seluruh komponen beserta masyarakat harus mendukung program kecamatan, termasuk instansi vertikal dan Forum Komunikasi Kecamatan.

Baca Juga:   Ini Sejarah Mengapa Hari Minggu Jadi Hari Libur

Kecamatan harus bersinergi dengan masyarakatnya,” ujar Jamanson.

Dalam memajukan wilayah, kata Damanik, adapun kriteria penilaian kecamatan terbaik ini adalah pelayanan publik, selanjutnya dari segi administrasi, pemerintahan terutama kepemimpinan dan pelayanan kepada masyarakat, imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Pemko Tebing Tinggi, Danramil, Kapolsek Padang Hilir, Lurah se-Kota Tebing Tinggi, Kepling, Linmas, OKP, Karang Taruna, FKUB dan tokoh agama, adat, pemuda dan warga Padang Hilir.

Usai acara, Camat Ramadhan menyatakan, bahwa juara bukanlah hal nomor satu, akan tetapi yang terpenting pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik ke depannya.

“Hasil itu bukanlah tujuan utama tapi bagaimana pelayanan kita dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu kita tetap melakukan inovasi-inovasi terbaru guna peningkatan tersebut. Kalau bisa juara satu alhamdullilah tapi sekali yang terpenting adalah pelayanan yang prima kepada masyarakat itulah nomor satu,” sebutnya kepada