Tips Ampuh Bangun Bisnis Bertaraf Internasional

REKANBOLA – Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi membangunnya dengan daya tarik global. Itulah yang dilakukan Eric Gnock Fah ketika dia keluar dari pekerjaan keuangannya pada tahun 2014 untuk meluncurkan aplikasi pemesanan perjalanan, Klook.

“Saya hanya ingin memulai sesuatu yang dapat saya kaitkan dan itu relevan secara global,” kata Gnock Fah dilansir CNBC Make It.

Empat tahun kemudian, platform Klook dikunjungi oleh lebih dari 20 juta orang di 100 negara setiap bulan dan peringkatnya sebagai salah satu dari sedikit perusahaan baru yang lahir di Hong Kong untuk mencapai status USD 1 miliar “unicorn” yang sangat didambakan.

Meskipun perjalanan itu tidak selalu mudah, namun ada tiga tips dalam membantunya menjaga jalur dan membawa bisnisnya ke taraf internasional.

Tetapkan ide secara global

Jika Anda ingin bisnis Anda berkembang dalam skala internasional, Anda harus memastikannya memiliki daya tarik global, kata Gnock Fah. Awalnya, Klook hanya terfokus pada satu pasar, yakni China. Namun akhirnya dia menyadari bahwa hal itu salah.

“Anda harus menemukan sesuatu yang sebenarnya dapat direplikasi jika Anda membangun platform yang lebih besar.”

Ciptakan budaya perusahaan

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda harus membangun struktur yang tepat, seperti departemen SDM dan hukum, dan berkonsentrasi untuk menciptakan budaya perusahaan yang baik. Tanpa itu, akan menjadi semakin sulit untuk membuat staf Anda membeli visi Anda dan mendorong bisnis ke depan.

“Ketika segala sesuatunya tumbuh terlalu cepat, sangat penting untuk memikirkan struktur dan memberdayakan bisnis secara internal, daripada mencoba mencari pertumbuhan dari luar,” kata Gnock Fah.

Kenali investor Anda

Baca Juga:   Penjelasan Mentan soal RUU Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan

Apakah Anda memilih untuk memulai dengan sedikit uang atau mencari investor. Jika Anda mencari investor, Anda tidak hanya menjual ide, namun juga membuktikan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk melaksanakan bisnis.

Karena itu, penting untuk memastikan Anda bisa mengenal investor Anda. Sehingga, ketika Anda berkomunikasi dengan mereka, maka Anda akan dengan mudah membangun hubungan pertama dengan calon investor, membuktikan kredibilitas Anda dan menunjukkan apa yang ada di dalamnya bagi mereka.