Tips Saat Kulit Wajah Timbul Keriput untuk Pertama Kalinya

REKANBOLA – Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh manusia pun akan semakin berkurang. Kolagen sendiri berfungsi untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Jika kolagen dalam tubuh menurun, alhasil kulit pun akan menjadi kendur dan muncul kerutan.

Saat memasuki usia 25 tahun ke atas, garis-garis halus alias kerutan biasanya akan mulai tampak. Nah, saat hal tersebut terjadi, apa yang sebaiknya kita lakukan? Daripada bingung, coba cari tahu tips dari para ahli kecantikan mengenai tindakan yang harus dilakukan saat kulit pertama kali timbut keriput, yuk!

Selain menggunakan sunscreen dan menghindari sinar matahari secara langsung untuk memperlambat proses garis halus menjadi kerutan yang dalam, kamu juga perlu memastikan bahwa kulit sudah terhidrasi dengan baik. Menurut Dr. Debra Jaliman, seorang pakar kecantikan ternama dari New York, kulit yang lembap menjadi salah satu kunci dalam membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan.

Kulit yang dehidrasi dapat membuat kerutan dan garis halus semakin tampak, serta membuatnya terlihat kusam. Oleh karenanya, menjaga kelembapan kulitlah sangat penting. Pastikan kebutuhan air pada kulit sudah tercukupi dan senantiasa gunakan pelembap dengan kandungan ekstra yang bisa memberi sekaligus mengunci kelembapan alami kulit. Dr. Debra Jaliman merekomendasikan produk yang mengandunghyaluronic acid sebagai kandungan alami yang membantu menarik dan mempertahankan kelembapan, serta membantu meningkatkan kekencangan dan kekenyalan kulit.

Menggunakan skin care dengan fungsi anti-aging

Biasanya, kulit bawah mata merupakan area yang kerap menjadi tempat kerutan pertama kali muncul. Hal tersebut dikarenakan kulit di area tersebut lebih tipis dan sensitif jika dibandingkan kulit pada area lainnya. Saran dari Patricia Wexler, MD untuk mengatasi masalah kerutan pada area kulit mata adalah dengan rutin menggunakan krim mata yang berbahan retinol. Menurutnya, retinol adalah salah satu bahan yang secara efektif membantu menstimulasi dan meningkatkan jumlah kolagen pada kulit.

Baca Juga:   Hot Lee Soo Jung Model Korea dengan Gaun Pink

Selain itu, Patricia Wexler juga menyarankan untuk mulai menggunakan day cream dengan kandungan vitamin C yang memiliki sifat anti-oksidan tinggi untuk membantu menangkal efek buruk dari radikal bebas.Bukan hanya kandungan day cream saja yang perlu ditingkatkan. Jika telah melihat kerutan pertama pada wajah muncul, maka kamu juga perlu menggunakan krim malam yang memiliki kemampuan ekstra melembapkan, ditambah serum dengan kandungan retinol dan peptida untuk membantu melembutkan tampilan garis-garis halus. Dengan penggunaan secara rutin, kulit wajah pun akan jauh lebih halus dan kencang.

Hindari melakukan eksfoliasi secara berlebihan

Melakukan pengangkatan sel kulit mati kulit tubuh dan wajah dengan menggunakan beragam produk eksfoliasi memang sangat membantu menghasilkan kulit yang bercahaya dan bebas kusam. Namun, melakukan eksfoliasi terlalu sering dapat membuat kulit menjadi tipis dan mempertegas kerutan. Selain menghindari eksfoliasi yang berlebihan, kamu juga tidak bisa menggunakan sembarang produk. Gunakan produk chemical exfoliant yang dikenal memiliki kandungan dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan produk physical exfoliant.

Menurut Dr. Neal Schultz, seorang pakar kecantikan sekaligus pembawa acara DermTv, glycolic acidmerupakan salah satu bahan eksfoliasi yang memiliki formula lembut dalam membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Tak hanya itu, jenis acid tersebut juga diklaim dapat membantu menyamarkan garis-garis halus yang muncul pada kulit. Gunakan produk eksfoliasi maksimal 3 kali dalam seminggu, ya!Gunakan kaca mata hitam saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hariSelain tidak lupa untuk memakai sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan, kamu juga perlu menggunakan kaca mata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari.

Saat beraktivitas di luar ruangan, kamu biasanya akan cenderung suka menyipitkan mata. Baik disadari atau tidak, hal ini dapat memecah kolagen sebelum waktunya dan bisa memperparah tampilan garis halus pada area mata. Mungkin, saat ini kamu merasa bahwa crows feet pada area mata bukan sebuah masalah besar, namun jika tidak melindungi area mata sejak dini, maka masalah tersebut akan memperburuk tampilan kerutan yang ada.

Baca Juga:   Kini Tampil Cantik dan Langsing, Yeonwoo Momoland Ternyata Pernah Gemuk

Lakukan perawatan kecantikan intensif

Saat ini, begitu banyak perawatan kecantikan yang ditujukan untuk mengatasi masalah kerutan, sebut saja botox dan filler. Namun menurut Dr. Debra Jalima, Platelet-Rich Plasma (PRP) merupakan perawatan alternatif yang diklaim ampuh untuk regenerasi jaringan dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan kencang.

Selain itu, juga ada perawatan dengan menggunakan laser non-ablatif adalah pilihan lain. Perawatan ini dipercaya dapat meningkatkan warna dan tekstur kulit, serta membantu mengecilkan pori-pori, juga menyamarkan garis-garis halus. Tapi, tentunya kamu perlu melakukan konsultasi dengan dokter kecantikan yang terpercaya untuk memastikan perawatan intensif seperti apa yang dibutuhkan dan sesuai dengan masalah kulit.