TKN Tuding Indikasi Kuat Prabowo Kembali Ditangani Rob Allyn

REKANBOLA – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menduga calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto kembali menggunakan jasa konsultan politik asal Amerika Serikat Rob Allyn di Pilpres 2019. Tudingan Ace Hasan berdasarkan dugaan dari jejak digital.

“Jejak Rob Allyn tidak hanya pada Pilpres 2014 tapi kuat indikasi dipakai lagi oleh kubu Prabowo pada Pilpres 2019,” ujar Ace dalam keterangan tertulis, Rabu (6/2).

Ace mengatakan Rob Allyn pernah mengakui menjadi konsultan Prabowo-Hatta Rajasa di Pilpres 2014. Meski demikian, Jokowi yang berdampingan dengan Jusuf Kalla berhasil mengalahkan Prabowo-Hatta saat itu

Lebih lanjut, politikus Partai Golkar ini menuturkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno tak bisa mengelak dengan banyaknya jejak digital kehadiran konsultan asing di era keterbukaan saat ini. Ia mengatakan, sejumlah foto, video, dan informasi di media sosial membuktikan Prabowo-Sandiaga menggunakan konsultan asing.

“Di era keterbukaan seperti sekarang ini, BPN Prabowo-Sandi justru tidak bisa mengelak dengan banyaknya jejak digital kehadiran konsultan asing di kubu mereka,” ujarnya.

Di sisi lain, Ace mengatakan tudingan BPN bahwa Jokowi menggunakan konsultan asing adalah isu daur ulang. Sebab, ia menyebut kubu Prabowo pernah menuding Jokowi menggunakan jasa konsultan AS Stanley Greenberg saat Pilpres 2014.

Daur ulang itu, lanjut dia, dimainkan kembali karena kubu Prabowo terdesak oleh opini publik yang meyakini bahwa Prabowo kembali menyewa konsultan asing.

“Isu hoaks itu dikembangkan oleh kubu Prabowo untuk menyebut apa yang dilakukan Pak Jokowi sebagai pencitraan. Tapi isu hoaks itu tidak laku karena mamang hoaks, fiksi, dan tidak berdasarkan fakta,” ujar Ace.

Baca Juga:   KPK minta Kepala Daerah tak toleransi korupsi kepada anak, partai dan teman

Tudingan konsultan asing di kubu Prabowo berembus kencang beberapa pekan terakhir. Isu konsultan politik asing digaungkan capres petahana Jokowi saat berpidato di depan relawan di Karanganyar, Jawa Tengah pada Minggu (3/2).

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut ada salah satu tim sukses yang menyewa jasa konsultan politik asing dan menggunakan teori propaganda Rusia. Isu itu diteruskan oleh Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto. Ia mengklaim jadi saksi bahwa Prabowo sudah menggunakan konsultan politik asing sejak Pemilu 2009.

Sementara itu, Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut tudingan Joko Widodo soal konsultan dan propaganda kampanye ala Rusia sebagai hoaks.

Menurut dia, kampanye pihak Prabowo-Sandi digarap oleh konsultan di Bojong Koneng, Bogor, yang merupakan tempat tinggal Prabowo.

“Bohong dan hoaks kalau menyebut Prabowo-Sandi pakai konsultan asing. Kampanye kami bukan ala-ala Rusia, kampanye kami itu ala Bojong Koneng yah, konsultannya ya di Bojong Koneng sana, itu Prabowo sendiri di Hambalang kabupaten Bogor,” kata dia, ditemui di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan, Senin (4/2).