Trump: Imigran Ilegal Harus Dipulangkan Tanpa Proses Hukum

Rekanbola – Presiden Donald Trump mengatakan bahwa imigran ilegal yang masuk ke Amerika Serikat harus dipulangkan tanpa proses hukum.

“Kita tidak bisa membiarkan semua orang ini menginvasi negara kita. Ketika seseorang masuk, kita harus segera, tanpa kasus pengadilan atau hakin, memulangkan ke tempat asal mereka,” kata Trump melalui akun Twitter pribadinya.

“Tak bisa menerima semua orang yang mencoba menerobos negara kami. Perbatasan kuat, tak ada kejahatan!”

Hingga kini, belum jelas subjek yang dimaksud oleh Trump, imigran ilegal atau para pencari suaka. Gedung Putih juga belum menjawab permintaan klarifikasi dari Reuters.

Pernyataan ini dilontarkan setelah Trump menandatangani surat perintah untuk mengakhiri aturan pemisahan keluarga imigran yang dikecam oleh banyak pihak.

Di bawah kebijakan tersebut, pihak berwenang dapat mendakwa imigran yang tertangkap menyeberangi perbatasan Meksiko secara ilegal. Sementara orang dewasa di penjara, anak-anak mereka dikirim ke tempat penampungan pemerintah.

Namun, setelah aturan itu dihentikan, timbul masalah baru karena sudah ada 2.342 anak yang sudah dipisahkan dari orang tuanya selama 5 Mei sampai 9 Juni lalu.

Dalam surat perintah itu pun, Trump sudah menginstruksikan Kemhan menyediakan fasilitas untuk menampung keluarga imigran atau membangun tempat baru jika memang dibutuhkan.

 

 

(Sumber : cnnindonesia.com)

Baca Juga:   Hingga Agustus, Target Penyerapan Beras Bulog Banyumas Belum Capai 30%