VIDEO: Di Gunung Soputan bersama Rio Dewanto

Rekanbola – Berjarak sekitar 50 km dari Manado, Gunung Soputan menjadi objek wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Gunung ini bisa dijelajahi dengan motor trail. Namun, medan yang berupa pasir membuat ban menjadi licin.

Gunung Soputan merupakan salah satu yang teraktif di Sulawesi. Tingginya 1.809 mdpl. Suhunya 15-20 derajat Celcius. Bagi turis pemula, medan ini tidak terlalu sulit. Namun harus tetap bersama pemandu agar tidak tersesat.

Semakin ke atas, vegetasi Gunung Soputan berubah menjadi lebih rimbun. Medan mulai berganti dengan tanah dan dikelilingi pepohonan pinus. Dari ketinggian 900 mdpl, sudah tercium bau belerang dari kawah-kawah tua. Kawah tua bisa dikunjungi namun dilarang terlalu mendekat. Waspada dengan kubangan belerang yang berisi air mendidih.

Jika mendaki dengan motor trail, menuruni gunung bisa dengan sepeda downhill. Di bawah ada suguhan Danau Ranolewa yang memiliki mata air panas bersuhu sekitar 45 derajat Celcius. Turis dipersilakan berendam di sini namun dilarang terlalu ke tengah.

Saksikan episode lengkap ‘Jejak Petualang Weekend’ hanya di Trans 7 setiap hari Minggu pukul 10.00 WIB.

Baca Juga:   Gawat Inter, Vrsaljko Cedera Ligamen Lutut Kiri