Video Super Hero Lokal Diluncurkan Untuk Peringati Sumpah Pemuda

Rekanbola Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tahun ini tampak meriah dengan peluncuran video iklan yang menampilkan sejumlah super hero oleh relawan Golkar Jokowi (GoJo).

Bukan super hero ala Hollywood atau super hero dari negara lainnya yang ditampilkan, melainkan super hero lokal alias asli Indonesia seperti Gatot Kaca, Wiro Sableng, Si Buta dari Gua Hantu, dan lain sebagainya.

Direktur Media Relawan GoJo, Amalia Kartika mengatakan bahwa video iklan ini merupakan bagian dari strategi komunikasi GoJo yang ingin menyatakan bahwa Indonesia itu satu. Indonesia tidak boleh terpecah-belah meski ada perbedaan pendapat.

“Ini adalah edukasi politik yang kami kemas secara sederhana dengan menggunakan sentuhan-sentuhan lokal dalam bingkai semangat persatuan Bhineka Tunggal Ika,” kata Amalia kepada wartawan di Jakarta, Minggu (28/10).

Dalam video iklan tersebut, para super hero tersebut memang ditampilkan berkumpul dan bersiap untuk menghadapi musuh besar secara bersamaan.

Awalnya, musuh yang mereka kira adalah tokoh antagonis layaknya sebuah drama atau tontonan pada umumnya. Namun, musuh-musuh yang ditunggu ternyata tidak seperti yang diharapkan.

Para pahlawan super ini pun tersadar jika perjuangan saat ini bukanlah berjuang melawan “tokoh-tokoh antagonis”, melainkan berjuang melawan perpecahan yang tengah menghantui bangsa.

“Hey, ada seribu jagoan pun percuma kalau kalian ribut-ribut melulu!” ucap salah satu pahlawan super dalam video tersebut.

Alhasil, video iklan ini kemudian menjadi viral di media sosial karena skenario dan para pemain dibuat secara apik dengan unsur komedi namun tetap terasa kondisi sosial politik dalam alur ceritanya.

Amalia berharap berharap iklan ini bisa menginspirasi bangsa Indonesia akan semangat sumpah pemuda untuk tidak boleh terjadi perpecahan di negeri ini apalagi Indonesia di tahun 2019 akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019.

Baca Juga:   Draxler Tak Berniat Tinggalkan PSG Januari Nanti

Terkait penggunaan tokoh-tokoh jagoan lokal, Amalia mengatakan bahwa jagoan asli Indonesia tidak kalah hebat dengan jagoan-jagoan dari Hollywood.

“Super hero lokal kita banyak dan ngga kalah dari hero-hero luar negeri, bahkan mereka lebih sakti. Spiritnya adalah tema pahlawan yang GoJo angkat ini, agar kita tidak melupakan jasa para pahlawan-pahlawan yang sudah memperjuangkan satu tanah air, tanah Indonesia, satu bangsa, bangsa Indonesia, satu bahasa, bahasa Indonesia,” ujarnya.

Sejumlah netizen di media sosial merespon positif iklan GoJo ini, mereka menganggap video ini iklan politik komedi yang mencerdaskan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *