Viral! Dirazia Petugas, Pemuda Ini Malah Keluarkan Jurus Silat

REKANBOLA – Sebuah potongan video penilangan oleh polisi terhadap pengendara bermotor sedang viral di media sosial. Seorang pemuda di video itu malah mengeluarkan jurus-jurus silat saat ditilang.

“Betul, kejadiannya di wilayah Polresta Banjarmasin,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes M Rifai saat dihubungi detikcom lewat telepon, Sabtu (7/9/2019).

Kombes Rifai menjelaskan peristiwa itu terjadi saat jajaran Polresta Banjarmasin melaksanakan Operasi Patuh 2019. Razia difokuskan pada kendaraan roda dua.

Saat itu, petugas dilapangan memeriksa seorang pemuda yang ternyata tidak melengkapi kelengkapan berkendara. Saat hendak ditilang, pemuda ini malah mengeluarkan jurus-jurus silat.

Viral! Dirazia Petugas, Pemuda Ini Malah Keluarkan Jurus Silat

“Razia kan difokuskan kepada kendaraan roda dua, kita arahkan masuk ke lapangan, setelah itu diperiksa satu-satu, termasuk yang pengendara ini yang mengeluarkan jurus silat, Mungkin kelengkapannya tidak ada, ada yang kurang, karena merasa bersalah sehingga dia mengalihkan perhatian ke kegiatan tadi, maksudnya supaya terhidar dari tilang,” jelas Kombes Rifai.

Dalam video yang viral pemuda ini tampak mengenakan jaket dan tas ransel. Dia tampak mengeluarkan gerakan-gerakan seperti jurus silat di hadapan petugas. Petugas pun tampak membiarkan si pemuda ini beraksi hingga selesai, kemudian tetap ditilang.

“Tetap dilakukan tindakan tilang, penilangan,” jelas Kombes Rifai. Belum ada data lengkap mengenai pelanggaran pemuda ini, identitasnya, maupun motifnya melakukan aksi tersebut.

Kombes Rifai mengatakan, saat pelanggar lalu lintas hendak ditilang, menurutnya ada saja yang melakukan tindakan yang tidak pantas, misalnya memarahi petugas hingga melakukan tindakan yang aneh-aneh seperti si pemuda ini. Dia mengimbau agar pengendara sadar diri dan melengkapi kelengkapan berkendara agar tidak ditilang.

“Kita menyadari diri lah, ikut aturan-aturan itu. Ini kan tujuan penertiban supaya masyarakat bisa tertib berlalu lintas, menghindarkan diri dari kecekaan. Kecelakaan kan seringnya dimulai dari pelanggaran-pelanggaran itu. Jadi secara umum lengkapilah surat-surat kendaraan dan perlengkapannya,” ujarnya.

Baca Juga:   Guru jadi tersangka karena ajak warga sobek Alquran