Wantimpres Soal Pembangunan Tanpa Utang: Tidak Ada Negara yang Tak Berutang

Rekanbola – Pernyataan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno soal membangun proyek infrastruktur tanpa perlu utang mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Suharso Monoarfa.

“Siapa itu? Saya mau belajar dari dia. Tidak ada satu negara pun di dunia ini yang tidak berutang. Amerika Serikat utangnya lebih besar dari GDP-nya. Jepang lebih besar lagi dari GDP-nya,” kata dia, saat ditemui, di Atjeh Connection Sarinah, Jakarta, Sabtu (15/12).

“Total utang kita baru sekitar 58-60 persen. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” lanjut dia.

Menurut dia, pemerintah sangat hati-hati dalam melakukan utang. Sebab, tidak mungkin pemerintah berutang tanpa adanya perhitungan yang matang. “Menurut saya persoalan utang itu bukan soal kita mau ciptakan utang sebesar-besarnya terus kemudian kita tinggalkan, tidak lah,” ujarnya.

Menurut dia, berbagai hal telah dipertimbangkan, terutama terkait kemampuan Indonesia untuk membayar kembali utang. “Yang penting apakah kemampuan fiskal kita itu bisa membayar. Kemampuan bayar kita dong yang kita lihat,” tandas dia.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno menyebut pembangunan infrastruktur tanpa utang sangat memungkinkan. Sandi menjelaskan, cara membangun infrastruktur tanpa utang dengan mengandalkan sektor kemitraan dengan swasta atau lewat penganggaran dengan dana jangka panjang.

Baca Juga:   Cegah Kecurangan Pemilu, BPN Lantik Satgas di Jakarta