Wapres JK sebut tiga negara yang sudah beri bantuan untuk Sulteng

Rekanbola – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, hari ini Indonesia telah menerima beberapa bantuan dari negara lain. Terdapat tiga negara, kata JK, yang sudah memberikan bantuan untuk Palu, Sulawesi Tengah.

“Hari ini masuk dari Jepang, New Zealand, India,” katanya di Istana Wakil Presiden,Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

Tidak hanya negara asing yang memberikan bantuan. JK menjelaskan Bank Dunia juga akan memberikan loan atau pinjaman dengan bunga murah dan pengembalian jangka panjang. Namun menurut JK teknis pinjaman ini belum dibicarakan lebih lanjut.

“Ya tentu, WB akan memberikan loan sebenarnya. Tapi biasanya itu murah atau biasanya jangka panjang. saya belum bicarakan teknisnya,” ungkap JK

Kemudian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan bantuan tersebut mengacu pada delapan hal. Saat ini bantuan yang diberikan yaitu pesawat C130. Pesawat tersebut kata Retno adalah bentuk transportasi yang digunakan untuk mengangkut bantuan bahan pokok untuk korban.

“Mengenai jenis bantuan tentunya acuannya 8 hal yang disampaikan Pak Menko itu sebagai acuan. Jadi saat ini pesawat yang sudah ada di lapangan adalah datang dari india dan datang dari Singapura. Sementara untuk yang lain clearance sudah diberikan tapi mereka sedang dalam proses menuju ke Indonesia,” kata Retno.

Selanjutnya kata Retno ada beberapa negara yang masih dalam proses izin yaitu Jepang dan US Air Force. Adapun alat transportasi udara yang dibutuhkan untuk keadaan darurat di Sulawesi Tengah yakni pesawat angkut tipe C130. Lalu, dia menjelaskan ada beberapa negara yang sudah menawarkan bantuan finansial.

“Sejauh ini sudah ada 18 negara dan 3 organisasi internasional yang berkomitmen untuk memberikan bantuan bagi korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah,” kata Retno.

Baca Juga:   Bantuan Pemerintah Tak Kunjung Tiba, Korban Gempa Pontang-panting Cari Bantuan

Diketahui sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, sejumlah negara bersedia membantu meminjamkan pesawat angkut Hercules C130 untuk penanganan bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Wiranto mengatakan, setelah Presiden Joko Widodo memutuskan menerima bantuan asing, pihaknya kemudian berkomunikasi dengan para dubes yang negaranya berencana memberi bantuan.

“Kita minta bantuan pesawat C130. Pesawat jenis itu yang bisa mendarat dan take off. Jumlah pesawat C130 kita terbatas,” kata Wiranto di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *