World Environment Day 2018: Hindari Polusinya, Bukan Plastiknya

Rekanbola – Dalam rangka merayakan World Environment Day 2018 atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada bulan Juni, Badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pembangunan (UNDP) bekerja sama dengan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia mengadakan sebuah acara bertemakan “Beat Plastic Pollution”.

Dengan tema ini, UNDP dan Kementrian Perindustrian RI mengajak masyarakat mengambil tindakan untuk polusi plastik dan ingin membangun kesadaran global untuk bertindak positif bagi perlindungan alam dan planet bumi.

Acara ini digelar pada Sabtu (23/06/2018) di Jakarta Creative Hub, Jl MH Thamrin, Jakarta Selatan dan dibuka dengan sebuah talkshow berjudul ‘Our Environment at Stake’ bersama Senior Programme Manager UNDP, Anton Sri Probiyantono, dan Kepala Puslitbang Industri Hijau dan Lingkungan Hidup Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Teddy Caster Sianturi.

“Keliru kalau kita mengatakan ‘bye-bye plastik’, laptop.. handphone.. Casingnya dari apa? Masa mau dari daun pisang?” ujar Teddy sembari bercanda.

Menurutnya plastik sangat memiliki peran di kehidupan sehari-hari dan tidak dapat begitu saja digantikan.

Teddy menjelaskan kuncinya adalah manajemen sampah plastik dan bagaimana kita meminimalisir sampah plastik itu sendiri. Jika sampah plastik tidak benar penanganannya, seperti dibakar dan dibuang ke laut, akan membahayakan kesehatan manusia dan juga flora dan fauna.

Selain talkshow, acara ini memiliki beberapa kegiatan lain pemutaran film dokumenter tentang pembangunan berkelanjutan dan aktivitas kolaboratif seperti mewarnai tas belanja dan memilah sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya dari sampah plastik.

 

 

(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   Permainan Argentina Aneh dan Memalukan