Zuckerberg Makin Kaya, Duitnya Tembus Rp 1.148 Triliun

Rekanbola – CEO dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg, diprediksi segeramenggeser posisi Warren Buffet di deretan orang terkaya dunia.

Skandal kebocoran data pengguna oleh Cambridge Analytica yang belum lama ini mengguncang Facebook, sepertinya tak berpengaruh pada kekayaan Zuck. Bloomberg Billionaires Index pada Kamis (20/6) menunjukkan, Zuck dan Buffet sama-sama memiliki kekayaan di kisaran USD 81,6 miliar atau sekitar Rp 1.148 triliun.

Zuck mengalami peningkatan jumlah kekayaan bersih, sebaliknya Buffet yang menggawangi perusahaan Berkshire Hathaway, mengalami penurunan. Jarak kekayaan bersih keduanya saat ini hanya USD 29 juta pada Rabu (20/6).

Urutan empat besar orang terkaya dunia saat ini ditempati CEO Amazon Jeff Bezos di posisi puncak, pendiri Microsoft Bill Gates di nomor dua, Zuckerberg di posisi ketiga, dan Warren Buffet di nomor empat.

Forbes melaporkan, saham yang dimiliki Facebook naik sebesar 2,3% dan hal ini yang menyebabkan Zuck memperoleh keuntungan sebesar USD 1,7 miliar.

Dari empat orang terkaya sedunia, Zuck memiliki kekayaan bersih tertingginya pada saat ini, sesuai dengan perhitungan yang dilakukan oleh Bloomberg sejak Facebook mulai melakukan Initial Public Offering (IPO) di 2012.

Analisis yang dilakukan WealthX menyebutkan, 98% kekayaan Zuck berada di saham Facebook. Bapak dua anak ini juga memiliki rumah yang diperkirakan bernilai sekitar USD 9 juta di Palo Alto, California, Amerika Serikat, serta tanah di Hawai yang ditaksir bernilai USD 100 juta, dan beberapa aset cair.

Harga saham Facebook diperdagangkan di atas USD 200 pada Kamis pukul 13.00 waktu AS. Saham Facebook meningkat setelah Instagram sebagai salah satu perusahaan milik Facebook mencapai jumlah pengguna aktif bulanan 1 miliar pada Rabu (20/6).

Baca Juga:   Lebih Tinggi dari Apple, Gaji di Facebook Mencapai Ratusan Juta per Bulan

Dikutip dari CNBC, Jumat (22/6/2018), lonjakan ini juga dipicu respons positif publik terhadap fitur baru yang dihadirkan Instagram, yakni layanan serupa YouTube bernama IGTV.

Untuk diketahui, harga saham Facebook belakangan sempat turun menyusul gencarnya pemberitaan mengenai skandal privasi yang melibatkan Cambridge Analytica. Bocornya 81 juta informasi pribadi pengguna Facebook dalam skandal ini menyebabkan harga Saham Facebook turun dan sempat menyentuh USD 157,20.

Sementara itu, kekayaan bersih milik Warren Buffet, menurun karena sejumlah kegiatan filantropi yang gencar dilakukannya.

Kegiatan beramal ini sesuai dengan janji yang dilontarkan oleh Buffet bersama sahabatnya, pendiri Microsoft Bill Gates pada 2010, bahwa mereka ingin memancing para miliarder di seluruh dunia untuk memberikan mayoritas kekayaannya untuk amal.

Zuck sendiri berupaya menyisihkan hartanya untuk filantropi seperti yang dicontohkan seniornya Buffet dan Gates. Pada 2015, Zuck dan istrinya Priscilla Chan mengumumkan bahwa mereka akan memberikan 99% saham Perusahaan Facebook ke Chan Zuckerberg Initiative, sebuah yayasan amal yang didirikan keduanya.

 

 

(Sumber : detik.com)